Kalangan Pengasuh Pondok Siap Menyambut New Normal, Supaya Santri Bisa Kembali Ke Pondok

Pasuruan – menaramadinah.com : Ketua DPP Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) KH Zaini Ahmad mendesak pemerintah berperan aktif menyiapkan sarana kesehatan untuk memenuhi prosedur protokol kesehatan terkait rencana pemulangan santri ke pondok. Pasalnya, sarana tersebut untuk mendukung pemutusan rantai Covid 19 saat para santri berada di pondok.
“Jujur saja. Kalangan pengasuh pondok cemas, karena hingga kini belum kongkrit rencana akan memulai proses belajar mengajar di pondok,” ujarnya.
Kiai Zaini begitu nama panggilannya Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Wonorejo Pasuruan menambahkan protokol kesehatan penting sekali bagi pesantren agar tidak ada kesalahan saat proses belajar mengajar dalam situasi new normal atau balik ke pondok berjalan dengan baik.
Sehingga pemerintah harus membantu pondok pesantren agar mempersiapkan peralatan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer karena dibeberapa pondok pesantren alat -alat belum tersedia. Kalau tidak disiapkan dengan baik, dikhawatirkan pondok dianggap menyebar pandemi baru penyebaran Covid-19.

“Makanya kami berharap aktivitas belajar mengajar bisa kembali normal. Jika terus menerus di rumah dikhawatirkan menimbulkan efek yang kurang baik bagi para santri,” tambahnya.

Oleh karena itu, dikatakan lagi oleh Gus Zaini, bila penerapan new normal akan diterapkan oleh pemerintah supaya bisa membantu terselenggaranya aktivitas belajar mengajar di pesantren dengan baik, maka perlu menyiapkan sarana protokol kesehatan.
“Kami Ikatan Pesantren Indonesia siap dengan adanya pemberlakuan normal baru untuk mendukung kembalinya santri ke pondok pesantren, kalangan pengasuh pondok pesantren berdoa agar musibah ini cepat berlalu dan musibah ini dijadikan introspeksi diri oleh semua pihak,”pungkasnya. (aza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *