Dwi Ainur Rifiqoh Pemecah Rekor Lari 5K Pingin Jadi Guru

Bocah kelas V ini membuat terkagum-kagum banyak orang, betapa tidak, di arena lomba lari 5 K yang diselenggarakan Bank Mandiri bertajuk Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019, mencatat rekor sebagai pelari perempuan tercepat 23.39 menit. Sementara juara perempuan dari kategori bebas (umum) mencatat waktu 24,53. Pengurus PASI Banyuwangi mengharapkan Dwi, 12, bersedia dilatih khusus untuk kejuaraan di tingkat provinsi atau event lain di tingkat nasional.
Camat Singojuruh, Mochammad Lutfi, M.Si. beserta Kepala Desa Gumirih, Ach. Murai, S.E., S.H., dan pejabat dinas pendidikan Kec. Singojuruh, Hj. Nurdamai, M.Pd., menyempatkan untuk mengunjungi Dwi di sekolahnya dan di rumahnya. Dwi anak kedua dari pasangan keluarga buruh tani, sering dimanfaatkan orang tuanya untuk membantu mencari nafkah. Kalau malam Dwi dengan ayahnya ke sawah-sawah, ke kebun-kebun mencari bekicot, kul, untuk dimakan dan sebagian lain untuk makanan ternak beberapa belas bebek di rumahnya. Dari telor bebek itu sebagian kebutuhan pokok bisa dipenuhi, ujar ayah Dwi.
Rasa empati Camat Lutfi, 46, membantu 200 ekor bebek ke ayahnya Dwi, dan Pak Kades Murai membelikan sepeda mini kepada Dwi untuk sekolah. Selama ini Dwi ke sekolah jalan dan yang sering berlari pergi pulang sekira 1.5 km. Tidak hanya itu, Camat Singojuruh dan Kades Gumirih semangat berjanji akan ikut mengawal Dwi untuk bisa tumbuh kembang menjadi atlet yang andal dan bisa sekolah sampai lulus SLTA. Dwi ini aset Banyuwangi, ujar Camat Lutfi, tanpa diminta saya akan membantu dia sekali pun nanti saya tidak lagi bertugas di sini. Ditanya cita-cita, Dwi menjawab singkat dan spontan “saya kepingin menjadi guru”. Ditanya guru apa,TK, SD, SMP, SMA, Dwi menjawab pokoknya guru. Mengapa kamu tertarik untuk menjadi guru, Dwi menjawab “guru suka memperhatikan dan mau membantu orang lain menjadi pintar, tegasnya”. Kemudian media bertanya, Dwi, uang hadiahmu itu untuk apa? Tidak tahu, semua saya serahkan ke Ibu, tutur Dwi polos.

Mohammad Rifai

Koreonden MM.com