*Donor Darah Berbasis Masjid Hari Pertama Sukses*

Surabaya-menaramadinah.com-Jelang pelantikan kepengurusan baru, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya menggelar sedekah donor darah berbasis masjid. Kegiatan sosial tersebut dimulai di Masjid Al Hikmah, Jalan Kebonsari Tengah, Jumat (17/1).

Sedekah donor darah berbasis masjid ini dilaksanakan secara estafet. Maksudnya, donor darah akan terus berlanjut sampai akhir Januari 2020 nanti. “Tapi tempat penyelengaraan donor darahnya yang berbeda-beda,” ujar Ketua Panitia Mohammad Jamil.

Ia menyebut sedekah donor darah berbasis masjid ini bakal dilaksanakan di 33 masjid se-Surabaya.

Dengan jumlah donor darah yang digelar di 33 masjid itu diharapkan pula bakal tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri). “Karena ini merupakan rekor donor darah secara estafet dan terbanyak yang diselenggarakan di masjid,” terang Jamil.

Pria berkacamata ini menambahkan door darah ini menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya. Menurut dia, selain ingin melakukan kegiatan sosial untuk menghidupkan masjid, DMI Surabaya menginginkan kegiatan yang dilakukan itu bermanfaat dari sisi kemanusiaan.
Maka jatuhlah pilihannya ke donor darah. Sebab dengan donor darah bakal membantu PMI menambah persediaan stok darahnya. “Berkegiatan sekaligus bersedekah (sedekah darah),” katanya lagi.

Sementara itu Ketua DMI Surabaya Arif Afandi mengatakan antusias masyarakat terhadap sedekah donor darah sangat bagus. Di awal kegiatan donor darah ini, DMI hanya menargetkan jumlah peserta 50.

“Ternyata pesertanya 55. Ini sudah melebihi target. Itu juga berarti sambutan masyarakat atas kegiatan sedekah donor darah bagus,” paparnya.

Arif Afandi menerangkan kegiatan yang sama selanjutnya akan dilaksanakan di Masjid Assalaam, Jalan Greges III (depo kontainer). Sedekah donor darah tersebut dijadwalkan Selasa (21/1) mendatang.

Berikutnya, sedekah donor darah juga akan dilaksanakan di Masjid Baitussalam, Jalan Ketintang Madya. Kegiatan direncanakan Jumat (24/1). “Kegiatan donor darah akan dimulai pukul 09.00 WIB,” katanya.

Arif pun mengajak masyarakat yang ingin donor darah untuk mengikuti sedekah donor darah DMI Kota Surabaya ini. Masyarakat tinggal datang ke masjid yang dijadwal melakukan donor darah dan daftar sebagai peserta.

“Insya Allah penyelenggaraan donor darah ini akan dilaksanakan menyebar di masjid-masjid se-Surabaya. Ada yang di Surabaya selatan, timur, barat, utara dan Surabaya pusat,” jabarnya. (*)

Jamil

Jurnalis Citizen