Pengabdian Masyarakat Di Hari Dirgahayu Republik Indonesia. 77 tahun (17/8/45-17/8/22)

Oleh : Saefullah Azhari & Yahya Aziz.
Banyak masyarakat memperingati hari kemerdekaan/dirgahayu Republik Indonesia dengan eforia gembira seperti ; lomba gerak jalan, balap sepeda, balap karung.

 

Tapi tidak sedikit rakyat Indonesia memperingati dirgahayu KEMERDEKAAN R I dengan DZIKIR & DO’A KEBANGSAAN.
Selasa 16 agustus 2022, kami bersama ustadz Saefullah Azhari mengisi PENGABDIAN MASYARAKAT di hari dirgahayu kemerdekaan republik Indonesia dengan kegiatan keislaman di wilayah Jemur Wonosari gang lebar Surabaya.
Ustadz Saefullah Azhari mengisi kuliah subuh di masjid Attaqwa dengan tema :
“Pancasila & Kemerdekaan RI ada dalam Alquran”

Beliau menguraikan bahwa pancasila sila 1 – 5, ada dalam alquran. Salah satu Ulama Indonesia (N U) yang ikut merumuskan dasar pancasila adalah KH. Wahid Hasyim ayahnya Gus Dur. Contoh sila 1 Ketuhanan Yang Maha Esa itu dasarnya surat alikhlas ayat 1…”QUL HUWA ALLAH AHAD” Katakanlah Allah itu ESA.

Bahkan dirgahayu KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA juga ada di dalam dalam alquran.
Tanggal kemerdekaan R I adalah 17-08-45, mari kita kaji surat yang ke 8 ayat 17 Dan 45.

Surat ke 8 adalah surat alanfal, ayat 17 :
“Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka tapi Allahlah yang membunuh mereka dan bukan kamu yang melempar mereka tapi Allahlah yang melempar mereka (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang orang mukmin dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui”
(Alanfal 8 : 17)

Sedangakan ayat 45 Allah berfirman :
“Hai orang orang yang beriman apabila kamu memerangi pasukan musuh maka berteguh hatilah kamu, dan sebutlah nama Allah sebanyak banyaknya agar kamu beruntung”
(Alanfal 8 : 45)

Ayat 17, semakin menegaskan bahwa Allah memberikan bantuan kemenangan kepada rakyat Indonesia yang berusaha merebut kemerdekaan.

Sedangkan ayat 45 menerangkan bagaimana heroiknya pahlawan kita melawan penjajah dengan kalimat takbir ALLAH AKBAR dalam memperjuangkan kemerdekaan R I yang dilakukan oleh para Kyai, santri, rakyat kecil, para pahlawan dengan darah, harta dan jiwa.
MERDEKA ATAU MATI…..
ALLAH AKBAR…..

Sedangkan malam harinya setelah shalat isya kami keluarga besar RT 04/RW 03 kelurahan jemur wonosari mengadakan acara TASYAKURAN, DZIKIR DAN DOA KEBANGSAAN dengan susunan acara :
1. Pembukaan
2. Lagu Indonesia Raya
3. Sambutan bapak RT 04 oleh bapak bowo
4. Tahlil oleh bapak Hadi
5. Doa Kebangsaan oleh : ust Yahya Aziz….

Mari kita isi kemerdekaan R I yang ke 77 ini dengan kegiatan kegiatan kemasyarakatan yang positif dan bermanfaat untuk ummat.
Saefullah Azhari : Dosen FTK Uinsa, Pengamat Sosial Sidoarjo
Yahya Aziz : Kolumnis Menara Madinah Com.