BEDAH BUKU FIKIH KEBANGSAAN GP. ANSOR ANAK CABANG PACIRAN

Lamongan – menaramadinah.com : Gerakan Pemuda Ansor Anak Cabang Paciran (9/02) menggelar acara bedah buku Fikih Kebangsaan di Ponpes Sunan Sendang Roudlotut Tullab Sendangduwur, Paciran, Lamongan. Acara malam itu diikuti ratusan Kader GP Ansor dan Banser Pantura Lamongan.

Acara diawali dengan Ijazah Kubro oleh KH. Salim Azhar, Rois Syuriah PCNU Lamongan sekaligus Shohibul Ma’had Pospes itu di Masjid Ar-Roudloh, kompleks Ponpes Sunan Sendang Roudlotut Tullab Sendangduwur. Para Pemuda Nahdliyin sangat khusuk menerima pengijazahan rangkaian doa / aurod dari kyai sepuh ini.

Kader GP Ansor dan Banser juga mengumpulkan donasi untuk korban bencana banjir di kawasan Bengawan Njero Lamongan yang diserahkan ke PC LPBINU Lamongan untuk disalurkan kepada para korban bencana banjir.

Acara dilanjutkan bedah buku Fikih Kebangsaan dengan narasumber Gus Ahmad Muntaha AM, Founder Aswaja Muda di Aula Ponpes itu. Dengan lugas narasumber membedah buku yang diterbitkan oleh Lirboyo Press dan LTN Himasal (Lembaga Ta’lif wan Nasr Himpunan Alumni Santri Lirboyo) itu. Dalam perjalanan sejarah bangsa, NKRI sebagai ma’ahadah wathaniyyah (konsensus bangsa) yang berasaskan Pancasila terus diuji eksistensinya.

Dalam konteks ini, buku Fikih Kebangsaan: Merajut Kebersamaan di Tengah Kebhinnekaan, terbit mengupas berbagai problematika keislaman dan kebangsaan. Secara lebih spesifik Fikih Kebangsaan memuat enam (6) bab, yaitu: Bab I : NKRI Sebagai Mu’ahadah Wathaniyyah, Bab II : NKRI Harga Mati, Bab III : Mengawal Pemerintahan yang Sah, Bab IV : Perbedaan adalah Keniscayaan, Bab V : Provokasi Bukan Ajaran Aswaja an-Nahdliyyah, Bab VI : 9 Rekomendasi HIMASAL.

Ringkasnya, Fikih Kebangsaan hadir demi terjaganya NKRI sehingga tercapai negeri damai penuh berkah, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Diakhir pemaparan narasumber, lalu dibuka tanya jawab untuk peserta bedah buku, muncul beberapa pertanyaan dari peserta tentang sikap kebangsaan NU. Semakin larut malam ada juga peserta yang menanyakan sikap PCNU Lamongan pasca Pilkada Lamongan 2020, yang dengan santun dijawab oleh KH. Salim Azhar.

Acara malam itu ditutup dengan doa dan diakhiri dengan tradisi mayoran / talaman, makan bersama para peserta ala pesantren. (Ried).