Petirtaan Jolotundo

 

Oleh : Efendi Umar.


Jagad Cilik & jagad Gede. Semakin jelas -Tanpa Penjelasan apapun itu.. Alam semesta sebagai makrokosmos ( Jagad Gede) dan manusia sebagai mikrokosmos( Jagad Cilik) akan saling berinteraksi dan memberikan pengaruh satu sama lain. Jika manusia melakukan hal positif kepada alam, maka alam juga akan memberikan pengaruh yang positif pula kepada manusia.

Optimalnya Mikrokosmos( Jagad Cilik)menghadirkan Sadar Aklaq dan spiritual tinggi guna menjaga hubungan timbal Balik agar Makrokosmos ( Alam Semesta) juga akan tenang ,damai yg otomatis menjadi wadah yang yaman untuk manusia. Karena adanya rasa dan kesadaran tertinggi dalam kehidupan yg saling keterlibatan untuk hantarkan Rahmatan Lil Alamin .

Maka, renungkanlah firman Allah, “…

وَابۡتَغِ فِيۡمَاۤ اٰتٰٮكَ اللّٰهُ الدَّارَ الۡاٰخِرَةَ‌ وَلَا تَنۡسَ نَصِيۡبَكَ مِنَ الدُّنۡيَا‌ وَاَحۡسِنۡ كَمَاۤ اَحۡسَنَ اللّٰهُ اِلَيۡكَ‌ وَلَا تَبۡغِ الۡـفَسَادَ فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الۡمُفۡسِدِيۡنَ
77. Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

#kearifan lokal adalah kesadaran tertinggi dalam hidup untuk tidak berbuat kerusakan dibumi ini agar kita dapat memperoleh RahmatNya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *