Pendidikan Itu Bukan Hanya Transformasi Ilmu Pengetahuan

Oleh : Mustangin

Dulu dan saya kira sampai hari ini, hampir semua orang paham bahwa pendidikan itu tidak hanya soal tranformasi pengetahuan, tetapi juga sikap, keterampilan, nilai, dan yang penting pengembangan karakter.
Pendidikan nilai dan pengembangan karakter merupakan transaksi yang “humanistis”, yang banyak orang percaya bahwa proses ini tidak bisa digantikan oleh teknologi informasi apapun itu dan secanggih apapun juga.
Meskipun bukan yang pertama, Covid-19 ini menyadarkan kita tentang setidaknya satu hal, yaitu pengalaman nyata hari ini. Sampai kapan doktrin kita bahwa guru tidak tergantikan oleh teknologi secanggih apapun? Kita akan bertahan atau mau “ambyar”?
Kita berdo’a semoga Covid-19 akan segera berakhir, tapi kalau ternyata panjang, lalu bagaimana proses pewarisan nilai dan pengembangan karakter ini akan kita lakukan.
“Saya cuma gelisah” dan mungkin kita juga gelisah. Tapi kata Gus Baha’ “biasa mawon, rohmate pengeran sangat besar, kita harus ridho teqdire pengeran khoirihi wa sarrihi”. Bagaimana kalau menurut Ibu-Bapak Guru? Mudah-mudahan tetap semangat, ikhtiar dan inovasi tiada henti. Barokallohu fiikum!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *