Polisi Periksa Panitia Pengajian KH. Imaduddin Al Bantani di Gresik

Gresik-menaramadinah.com-Setelah  Pengajian dan Sholawatan Haul Mbah Abidhin dengan penceramah KH Imaduddin dan Sayyid Abbas selesai yang digelar di Desa Sidowungu Gresik. Panitia dipanggil polisi.

Ada tiga orang panitia penyelenggaraan pengajian untuk dimintai keterangan oleh polisi di Kantor Polisi

“Ya ada tiga orang kita periksa. Mereka semua adalah panitia penyelenggara kegiatan,” kata Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Aldhino Prima kepada wartawan.

Aldhino menjelaskan mereka diperiksa lantaran melanggar surat penyataan yang telah disepakati bersama saat di kantor Kesbang Pemkab Gresik. Dalam pernyataan yang disepakati bersama, tidak ada ceramah yang mengandung unsur SARA.

Saat ini, lanjut Aldhino, pihaknya masih melakukan pendalaman mengenai adanya ceramah yang mengandung SARA. Sebab, polisi akan bertindak sesuai dengan hasil kesepakatan yang digelar masyarakat dan panitia.

“Seluruh kegiatan keagamaan yang digelar masyarakat akan didukung oleh pihak kepolisian. Asalkan tidak menimbulkan gangguan Kamtibmas,” pungkasnya.

Sebelumnya, massa mengatasnamakan Aliansi Umat Islam Jatim menggelar demo di Desa Sidowungu, Menganti Gresik. Mereka menolak pengajian KH Imaduddin yang akan digelar di alun-alun Desa Sidowungu, Menganti.

Husnu Mufid