Duta Baca Kab. Indramayu Ajak Siswa SMPN 3 Sindang Giat Literasi

 

Indramayu. 12/6/2024′-Duta Baca Kabupaten Indramayu mengunjungi siswa SMPN 3 Sindang untuk melakukan giat Literasi pada Rabu, 12/6/2024 pagi di lapangan utama sekolah.

Duta baca yang hadir masing-masing terdiri dari Kevin Reza Bahtiar (SMKN 1 Indramayu), Triyani Rahayu (Unwir), Lutfian Pranata ( Polindes), Syahrizal (SMK Kandang haur), Della Seventina (Akamigas), dan Lina Maulidia (IAIN Cirebon) sengaja hadir untuk memberikan sosialisasi tentang upaya peningkatan literasi pada anak tingkat SMP.

” Duta Baca merupakan duta dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu yang sengaja diutus untuk memberikan sosialisasi tentang program-program kegiatan menarik yang ada di perpustakaan Indramayu yang sasarannya anak sekolah usia SMP “, demikian kata Lutfian.

Adapun Della Seventina menyampaikan di hadapan para siswa bahwa banyak sekali benefit menjadi Duta Baca diantaranya memperluas koneksi pergaulan yang positif, meningkatkan prestasi, eksistensi diri dalam membranding diri untuk lebih terkenal, menjadi mahasiswa berprestasi hingga dipercaya menjadi Asisten Dosen.

Dalam paparannya mereka secara estafet mensosialisasikan program yang ada di Kantor Arsip dan perpustakaan seperti tersedia buku-buku bacaan, buku digital yang bisa diakses secara gratis dan disediakan komputer, pelibatan masyarakat berupa latihan musik, seni tari dan budaya, hingga kursus bahasa Asing.

” Literasi bukan hanya literasi membaca, tetapi masih banyak jenis literasi lainnya, yaitu literasi digital , numerik, budaya, finansial dll. Dengan literasi yang tinggi kita bisa meningkatkan kompetensi dan meraih kesuksesan.” Kata Kevin.

Kegiatan sosialisasi Duta Baca diakhiri dengan beberapa pertanyaan dari siswa. Siswa yang bisa menjawab pertanyaan diberikan merchandise dari Kantor Arsip dan perpustakaan.

Sementara itu Hj. Dini Sucita Asih, Wakasek Kesiswaan mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas kunjungan dan sosialisasi ke sekolahnya. Siswa banyak diberikan motivasi untuk gaya hidup berliterasi, contoh teladan yang baik dalam membentuk kepribadian yang positif. Apalagi diantara Duta Baca tersebut ada yang merupakan alumni sekolahnya.

Sujaya