Peternak Nyusu Dengan Gus Mujib

Pasuruan – Menaramadinah.com : Ratusan ketua kelompok Peternak Susu Sapi Perah, Kecamatan Tutur, Puspo dan Pasrepan curhat dengan Gus Mujib calon Bupati Pasuruan dalam acara deklarasi dan nyusu (nyumbang suara) bareng Gus Gujib di kampung susu, Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kamis (6/6/2024).

Dalam dialog tersebut salah satu pengurus Koperasi Susu Sapi Perah (KPSP) Farhan Susanto menyatakan KPSP saat ini kurang happy. Sebab produksi susu turun karena pengaruh penyakit sapi yang melanda beberapa bulan yang lalu. “Sebagian besar masyarakat Nongkojajar adalah peternak sapi. Kalau ditakdirkan jadi Bupati.

Peternak minta bantuan pengadaan sapi perah dengan cara mencicil,” ujarnya. Ditambahkan oleh Lasimun, harga pupuk sangat tinggi. Sangat memberatkan peternak. “Agar rumputnya itu bagus, perlu dipupuk. Namun harga pupuknya tinggi,” ungkapnya

Reni yang mengaku peternak perempuan juga mengeluhkan air, sumber air mulai menyusut. Sehingga mempengaruhi produksi susu.”Termasuk juga potensi wisatanya Nongkojajar perlu diperhatikan,” katanya.

Masih kata peternak yaitu Salil jalan di Desa Tempuran, Kecamatan Pasrepan menuju Nongkojajar jalannya rusak parah. “Kalau ngangkut susu. Pernah sampai tumpah. Karena jalannya rusak parah. Sudah puluhan tahun diusulkan belum ada perbaikan. Tolong Gus diperhatikan karena itu masuk jalan kabupaten,” keluhnya.

Menanggapi banyaknya keluhan dari peternak tersebut Gus Mujib, berjanji akan memperhatikan. Aspirasinya dari hulu sampai hilir. “Sudah saya catat semua. Kalau saya terpilih saya diingatkan. Khusus kepada MWC NU Nongkojajar agar bisa memenuhi aspirasi dari keluhan peternak tersebut,” kata Gus Mujib

Bahwa tugas pemerintah adalah mensejahterakan rakyat sehingga semua kebutuhan rakyat bisa terpenuhi dengan baik. “Khusus pupuk, itu hal yang penting. Kalau petaninya mogok. Dan nggak mau nanam dan beternak. Malah runyam,” tegas Gus Mujib.

Setelah selesai dialog, ratusan peternak sapi itu mendeklarasikan dukungannya untuk kemenangan Gus Mujib. Bahkan sanggup mengajak keluarga dan masyarakat agar memilih Gus Mujib. Karena Gus Mujib peduli dengan aspirasi peternak sapi dan keluhan lainnya. (aza)