Sejarah Rakyat Ki Ageng Kendil Wesi Gombong Kabupaten Kebumen

Kebumen – menaramadinah.com
Siapakah Ki ageng Kendil Wesi, dalam sejarah rakyat konon Beliau sosok pejuang atau panglima perang di era kerajaan Mataram dalam mengusir penjajah Belanda Ki Ageng Kendil Wesi terkenal dengan karomahnya, diantaranya beliau memiliki pusaka yaitu kendil cupu manik yang konon dapat menyembunyikan masyarakat di gunung alas jati dari gempuran Belanda.

Dalam kisah yang sama beliau seorang kerabat Pangeran Diponegoro, beliau berdarah ningrat dan dikisahkan dalam menangani perlawanan perang Diponegoro tidak langsung mengejar bahkan beliau tetap membangun benteng dari ujung barat Banyumas di ujung timur Madiun, di utara Semarang kemudian maju perlahan menjeput pergerakan Pangeran Diponegoro dengan bergerak dari Banyumas ke timur Gombong, Madiun dst.

Ketika membangun benteng di Gombong maka jembatan kemit ke barat dikuasai Belanda dan kali kemit ke timur dikuasai Pribumi, Ki Ageng Kendil Wesi (gelar) dari Gombong menyingkir ke utara melakukan perlawanan bersama pasukannya bergabung dengan pasukan Pangeran Diponegoro dari sempor karanggayam.

Beliau di makamkan di daerah bukit Gumeng – Sempor Gombong Kabupaten Kebumen bersama para prajurit serta Keturunannya. (hsn)