Dewan Pengurus Baru PMR Pangkalan SMPN 3 Sindang Indramayu Dilantik

 

Indramayu. 28/4/2024
Paling Merah Remaja (PMR) merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler kepalangmerahan di SMPN 3 Sindang. Kegiatan PMR ini lebih menitikberatkan pada bidang kesehatan dan kepedulian sosial di samping sebagai wahana dalam memupuk karakter dan membentuk kepribadian yang positif melalui kegiatan kepemimpinan dan tanggungjawab, kedisiplinan dan tanggung jawab serta kemandirian juga pengembangan kreativitas siswa.

Beberapa kegiatan PMR ini banyak memfokuskan pada materi bidang kesehatan, kerelawanan, Pertolongan pertama (PP), penanggulangan pada kasus kegawatdaruratan dan kegiatan sosial.

Pada Hari Minggu. 28/4/2024 Dewan Pengurus PMR Madya Pangkalan SMPN 3 Sindang Indramayu dilantik di Lokasi Pantai Tambak Raya (Pataya) Indramayu yang dimulai sejak pagi hari pukul 08.00 hingga waktu Dhuhur.

Para peserta calon Dewan dan Dewan Pengurus lama serta pembina dan pelatih berkumpul di lapangan sekolah pukul 07.00 kemudian berkemas dan pada pukul 08.00 menaiki truk menuju Pantai Pataya Indramayu. Kegiatan ini juga dikawal oleh para pembina yaitu Ibu Hj. Dini Sucita Asih, S. Pd. Bapak Bambang Nursadikin, M. Pd., dan Bapak Abdul Rohim, S. Pd. serta para senior bahkan alumni yang sudah bekerja pada bagian K3 dan Safety and fire Pertamina.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan meliputi membangun barak PMR, menata lokasi upacara, mengadakan acara pelantikan Dewan Pengurus Baru dan pembacaan sumpah PMR yang selalu siap sedia dalam memberikan pertolongan.

Diketahui PMR Pangkalan SMPN 3 Sindang sudah banyak memiliki reputasi dalam meraih kejuaraan di berbagai ajeng lomba maupun dalam Kemah PMR. Seperti sebagai Tim dengan jumlah nilai terbaik dalam Jumbara PMR Tahun 2023 dan juara umum lomba PMR dan kepalangmerahan Indramayu Tahun 2023 serta juara bergengsi lainnya.

Salah satu Pembina Ekstrakulikuler PMR Pangkalan SMPN 3 Sindang, Abdul Rohim, S. Pd. mengatakan bahwa kegiatan pelantikan Dewan Pengurus merupakan kegiatan rutin dalam upaya meregenerasi karena pengurus lama sebentar lagi sudah menamatkan sekolah. Di samping itu untuk menggembleng jiwa kepemimpinan dalam kepalangmerahan dan kegiatan lainnya.

Adapun Wakasek Kesiswaan, Bambang Nursadikin, M. Pd. yang diwawancarai media di lokasi kegiatan mengatakan ” Ekstrakurikuler PMR merupakan ekstrakurikuler favorit di kalangan para siswa. Dalam PMR bukan hanya ditempa kesetia kawanan sosial, bidang kesehatan dan pertolongan pertama tetapi juga merupakan ajang gemblengan jiwa tanggung jawab dan kepemimpinan serta kemandirian dan kreativitas.

Sujaya.