Beragam Komunitas di Kediri Kenalkan Pahlawan Perempuan Indonesia di Situs Bung Karno

Kediri-menaramadinah.com-Sejumlah organisasi komunitas di Kediri akan menggelar tasyakkuran Hari Kartini dengan mengenalkan para pahlawan perempuan Indonesia kepada generasi muda. Kegiatan yang di pusatkan di Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri ini akan dilaksanakan malam ini. Sabtu (20/04/2024).

Ketua panitia Erni Ningtyas mengatakan penting untuk mengenalkan para Pahlawan perempuan pada masyarakat khususnya generasi muda.
“Moment tasyakuran Hari Kartini ini kita ingin mengenalkan mengenalkan para Pahlawan Perempuan Indonesia. Jadi ternyata bukan hanya RA. Kartini masih banyak tokoh-tokoh pejuang dari kalangan perempuan, jadi bangsa kita Indonesia ini hebat lo,” ujar Erni Ningtyas.

Dengan mengetahui banyaknya pejuang dan pahlawan perempuan ini diharapkan akan tumbuh rasa kebanggaan nasional pada generasi bangsa.

“Jika kita telah sadar ternyata banyak sekali para pahlawan perempuan, diharapkan akan tumbuh rasa bangga kemudian mengidolakan para para pahlawan. Jika sudah mengidolakan sudah otomatis kita akan berusaha meniru, mengikuti dan melanjutkan. Serta berusaha bisa seperti beliau para pahlawan,” terang aktifis perempuan yang juga Ketua JKPHS Kab. Kediri ini.

“Jadi mengenalkan, menumbuhkan rasa bangga, melahirkan sosok idola pada generasi muda ini sangat maha penting,” tandas Erni kembali.

Rangkaian Tasyakkuran Hari Kartini dengan agenda pengenalan pahlawan wanita ini juga dilengkapi dengan doa lintas agama, santunan anak yatim/fakir miskin, selamatan, penampilan seni budaya dan diskusi kebangsaan.

Situs Ndalem Pojok selalu melestrikan doa bersama lintas agama yang diyakini mampu membawa dampak yang positif.

“Semoga dengan doa bersama lintas agama, dengan bersatunya rasa persaudaraan dalam jalinan kebudayaan akan menjadikan mercusuar dunia,” aku Dwi Sumaningati pemudi Hindu Kediri.

Sementara Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Kediri mengatakan beragam kegiatan ini nafasnya adalah gerakan syukur.

“Spiritntnya adalah bersyukur, syukur ini yang akan menciptakan kedamaian. Jadi dengan gerakan syukur di Hari Kartini ini kita berharap Indonesia tetap damai, tetap dalam jalinan rasa persaudaraan yang kuat. Politik boleh panas dingin, kita boleh berbeda, tapi kesatuan dan persatuan nasional tetap harus yang lebih utama,” ujar Kushartono.

Beragam organisasi dan komunitas akan mensukseskan tasyakkuran Hari Kartini. Seperti Persada Sukarno Kediri, Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Kab. Kediri, Hakim LC, Tubing Serinjing, Jampi Sae, Plenthas Plenthus, Jamiyyah Kautsaran Putri Kediri, Pasak, Studio Luky, Ahlul Bait Indonesia Kediri, Ahmadiyyah Kediri, K2 Honorer Kediri, BTS 88 dan PDKK Kan. Kediri.*surya