Halal Bihalal Perekat Silaturahmi Warga SMP PGRI 1 Buduran

SIDOARJO – Pada hari pertama masuk sekolah, SMP PGRI 1 Buduran mengadakan acara Halal Bihalal Idul Fitri tahun 1445 H di halaman dan aula sekolah, Kamis (18/4/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan 2 tahap. Tahap pertama, halal bihalal antara para guru dan tenaga kependidikan dengan peserta didik. Dilaksanakan di halaman sekolah.

Halal bihalal tahap kedua khusus para guru dan tenaga kependidikan, termasuk para guru ekstrakurikuler. Dilaksanakan di aula sekolah. Dengan penceramah KH Abdul Karim, Ketua Lembaga Dakwah NU (MWCNU Buduran).

Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S. Si, M.Pd, Gr. dalam sambutannya mengatakan, tujuan Halal Bihalal tersebut adalah untuk mempererat silaturahmi keluarga besar SMP PGRI 1 Buduran.

“Selamat Hari Raya, Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua oleh Allah SWT dipertemukan lagi pada Ramadan dan Lebaran tahun-tahun berikut, ” katanya.

KH Abdul Karim dalam ceramahnya menyatakan dua hal yang utama. Pertama, setelah beribadah sebulan penuh Ramadan, supaya bisa menjadi pribadi yang semakin meningkat iman, takwa, dan akhlak mulianya. Dengan melaksanakan hablumminalloh dan habluminnas.
Kedua, dengan halal bihalal supaya bisa saling ridho, saling memaafkan atas segala khilaf, salah, dan dosa.

“Ciri-ciri orang yang sukses Ramadannya yaitu ibadahnya diterima oleh Allah, menjadi orang yang bersih, yang diampuni dosa-dosanya, ” katanya.

Menurutnya, untuk bertobat kepada Allah dan minta maaf sesama manusia jangan hanya menunggu moment Lebaran, tapi bisa dilaksanakan pada setiap hari.
(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)