Jelang Idul Fithri Bupati Kediri Ziarahi Makam Leluhur Bung Karnobl di Kediri

Kediri-menaramadinah.com-Dua sebelum Idul Fithri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyempatkan menziarahi makam leluhur Presiden Pertama Republik Indonesia yang berada di Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri Jawa Timur.

Kali ini Mas Bup sapaan karib Bupati Kediri Hanindhito tidak sendiri. Ziarah dilaksanakan bersama keluarga besar, ayahnya, Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung, Anggota DPRD Jatim PDO Perjuangan Wara Sundari Renny P. Senin (08/04/2024) kemarin.

Dalam ziarah ini doa dipimpin oleh juru kunci malam keluarga Ndalem Pojok.

“Kami diminta beliau (Bapak Pramono Anung) untuk memimpin doa,” aku Harsono juru kunci kala itu.

Ada tiga leluhur yang dikeramatkan dalam makam keluarga Ndalem Pojok. Dua makam diantaranya yang sering diziarahi oleh Presiden Soekarno.

“Disitu ada tiga makam yang keramatkan. Pertama malam RMP. Soemohatmodjo Patih Ndalem PB IX Kakek angkat Bung Karno, R.M. Soemosewojo ayah angkat Bung Karno dan R.M. Sajid Soemodihardjo Penasehat dan Kepala Rumah Tangga Istana Presiden Soekarno. Sebelum hingga setelah menjadi Presiden Bung Karno sering berziarah ke makam leluhur ini,” aku Kushartono Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Kediri.

Sebelum ziarah makam Mas Bup bersama keluarga berkunjung dan bershillaturrohmi ke Situs Ndalem Pojok.

Mas Bup (Bupati Kediri) mengaku agenda ini sekaligus penetapan janji untuk berkunjung ke Situs Ndalem setelah dirinya terpilih jadi Bupati Kediri.

“Dulu saya pernah berjanji, kalau saya terpilih menjadi bupati, saya akan kembali ke tempat ini (Situs Ndalem Pojok) dan alhamdulillah saya bisa menunaikan janji saya,” katanya.* surya