HIDUP BAHAGIA DENGAN YOGA

Catatan Drs. Haryadi Pamungkas Guru Besar Yoga Tulungagung.

 

Sejak dulu kala, Yoga sudah dikenal sebagai metode yang ampuh untuk menyelaraskan kembali tubuh, pikiran dan jiwa manusia. Dalam dunia yang bergerak cepat ini, manusia mudah sekali kehilangan harmonisasinya dan kerap didera stres. Ujung-ujungnya, tubuh pun menjadi rentan penyakit. Kalau begitu, mengapa tidak berlatih Yoga saja? Yoga akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan jauh dari stres.

Yoga adalah serangkaian teori dan praktek yang dikembangkan dari India. Praktek Yoga menitikberatkan pada penyatuan pikiran, tubuh dan jiwa, serta membangkitkan koneksi antara manusia dan lingkungannya. Yoga pada intinya bertujuan untuk membantu seseorang untuk merasakan kebahagiaan, kebebasan dan pencerahan.

Penelitian membuktikan bahwa Yoga sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emos. Yoga dapat meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, memperpanjang napas, dan menciptakan keseimbangan. Selain itu, Yoga pun dapat membangun pikiran positif dan menekan perasaan-perasaan negatif.

Selamat ber yoga!