H.M. RIFAI KAWAL SMP 2 GENTENG MENJADI SEKOLAH DENGAN TRADISI PRESTASI

Genteng, 29 Januari 2024
Lagi-lagi muncul jawara anyar.
Justine Major, siswa kelas IX SMP 2 Genteng juarai olimpiade Bahasa Inggris tingkat provinsi. Siswa berbakat itu hasil tempaan Bapak Sakur, S.Pd. guru Bahasa Inggris senior SMP 2 Genteng. Tak heran. Ternyata anak yang biasa dengan tampilan kalem, sederhana itu punya nyali berkompetisi. Hebat sampai juara di tingkat Provinsi. Bisa lanjut nasional.

Hampir setiap pekan selalu ada siswa juara. Pembinaan bakat minat bidang akademik dan nonakademik di SMP 2 Genteng sangat diperhatikan. Seperti diungkapkan oleh Kasek senior Hj. Wahyu Handayani, M.Si. bahwa “…juara menjadi tradisi di sini. Karena itu SMP yang saya pimpin ini menjadi viral. sekolah boleh pinggiran tetapi prestasi harus terdepan”, ungkapnya penuh optimis.

Sekolah yang dikawal oleh konsultan H.M. Rifai itu, langganan juara tidak hanya murid-muridnya, tetapi juga tenaga pendidiknya, lembaganya juga.

Menurut H.M. Rifai, M.Pd. sekolah itu harus benar-benar menjadi tempat kaderisasi yang mumpuni intelektualnya, mindsetnya, jiwa karakternya. Tidak hanya mumpuni akademiknya tetapi juga kepribadian budi pekertinya bagus”, ujar pakar pendidikan alumni Univ. Jember itu.
Husnu Mufid, Jurnalis Menaramadinah.