Kita Berada Dipenghujung Ramadan 1444 H

Ramadan telah berada diusung. Kita sebagai umat Islam sebentar lagi akan ditinggalkan. Tamu istimewa “Ramadan” 1443 H sudah akan pulang.   Tidak ada yang mampu menghalanginya akan kepergiannya.

Mudah-mudahan amalan-amalan ibadah kita yang berlipat pahala diterima Allah SWT. Juga diampuni dosa besar dan kecil kita selama bukan ramadan.

Maka, berbahagialah bagi mereka yang telah maksimal bersama Ramadan, melaksanakan berbagai amalan, menjalani berbagai ibadah dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjadi hamba taat.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bagaimana Rasulullah SAW bersunggung-sungguh menghidupkan sepuluh hari terakhir dengan segala kebaikan. Sebagaimana dijelaskan oleh Ummul Mu’minin Aisyah r.a “Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR. Muslim).

Kalau kita mengetahui betapa banyak hikmah dari hadirnya bulan ini, sungguh kita akan berharap semua bulan yang lain menjadi Ramadan karena keutamaannya, pahala ibadah yang tiada batas, pahala sunat menjadi wajib dan di dalamnya juga terdapat Lailatul Qadar.

Kini, waktu berpisah dengan Ramadan semakin dekat. Ramadan akan kembali datang pada tahun berikutnya.

Semoga Allah mempertemukan kita kembali dengannya dan semoga kita mendapat ampunan sebelum Ramadan pergi. Amin Ya Rabb .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *