Keharmonisan Suami Istri Berdampak Terhadap Prestasi Belajar Anak

Surabaya, Menara Madinah Com.
Judul asli penelitian di atas adalah “Kekerasan Dalam Rumah Tangga & Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Agama Islam di lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) kawasan Jemur Wonosari Surabaya.

 

Latar belakang masalah di atas adalah banyak anak anak ( SD, SMP, SMA) yang seharusnya mereka rileks untuk belajar tetapi menghadapi masalah yang tidak sesuai dengan umur mereka.

Akibatnya banyak anak anak terganggu baik secara fisik, batin dan psikologis mereka. Kekerasan dalam rumah tangga membawa dampak sangat buruk terhadap perkembangan psikologis prestasi belajar anak, maka dari itu pentingnya sebuah keluarga yang saling melindungi, menghormati dan menghargai satu sama lain.
Ada 3 rumusan masalah dalam penelitian ini :
1. Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kekerasan dalam rumah tangga ?
2. Bentuk kekerasan apa saja yang dialami siswa siswi SD, SMP, SMA di kawasan Jemur Wonosari Surabaya ?
3. Seberapa besar pengaruh kekerasan dalam rumah tangga terhadap prestasi belajar agama islam ?

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, sehingga penelitian ini tidak berupa angka angka, tetapi berupa uraian yang menggambarkan fakta di lapangan.
Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode yaitu :
1. Metode wawancara
2. Metode observasi
3. Metode dokumentasi serta didukung metode angket.

Hal ini dilakukan agar dapat memperoleh data yang valid dan representative sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang memfokuskan makna, menjelaskan, menempatkan data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menyederhanakan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan.

Hasil penelitian ini adalah :
1. Ada faktor faktor yang mempengaruhi kekerasan dalam rumah tangga di kawasan lembaga pendidikan Jemur Wonosari yaitu :kurangnya komunikasi, merupakan faktor yang dominan bagi terjadi nya tindak kekerasan dalam rumah tangga.
2. Bentuk kekerasan dalam rumah tangga di SD, SMP, SMA kawasan Jemur Wonosari Surabaya tergolong CUKUP (ada). Dalam penelitian ini diketahui banyaknya keluarga yang pernah dan sedang terjadi mengalami konflik keluarga dan berujung pada kekerasan dan perceraian, sedangkan anak menjadi korban, mereka pernah dipukul, dicubit, dijewer dan kekerasan psikis setelah dimarahi.
3. Prestasi belajar anak tergolong sangat besar pengaruh nya, hal ini dibuktikan dalam penelitian ini turunnya nilai prestasi belajar agama islam di SD, SMP, SMA kawasan Jemur Wonosari seperti ;
Perubahan prilaku seperti :
a. Menjadi pendiam
b. Suka melamun
c. Minder
d. Pemarah
e. Suka terlambat datang sekolah
f. Suka bolos sekolah
g. Suka pulang terlambat ke rumah
Dari penelitian ini, harus ada sinergi yang kuat dalam mengatasi prestasi belajar siswa yaitu Keluarga, Sekolah Dan Lingkungan (masyarakat).

Orang tua hendaknya memikirkan nasib anak dalam prestasi belajar.
Disarankan bila berselisih suami istri hendaknya jangan di depan anak. Masalah konflik keluarga jangan dijadikan alasan untuk bertindak sewenang wenang terhadap anak.

Suasana ketenangan keluarga berpengaruh besar terhadap prestasi belajar anak.
Barakallah….

Semoga bermanfaat….!
Yahya Aziz : “Dosen FTK UINSA, Kolumnis Menara Madinah Com”.”