Mengenal Pondok Pesantren Mambaul Hidayah Wuluhan Jember

 

Pondok Pesantren Mambaul Hidayah beralamat di Kebonsari Tamansari Wuluhan Jember. Bagaimana sejarah singkatnya. Berikut ini laporan Master Uce santri senior :

Pondok Pesantren Mambaul Hidayah Wuluhan Jember berdiri 11 Nov 1989. Pendiri almarhum KH Dimyati Qodir. Meskipun masih berusia muda. Namun perkembanganya cukup   pesat.

Dimana awal mula berdirinya hanya sekitar 7 orang  santri. Ngaji Diniyah. Mereka belajar ilmu agama saja. Seperti kitab kuning, jurmiyah, b8dayatul hidayah, kitab Shoheh Bukhori, alfiah dan sebagainya.

Dalam perkembangannya santri santrinta jumlahnya cukup banyak. Mereka dari masyarakat sekitar dan luar kota.

Darisinilah  akhurnya berdiri Madrasah Tsanawiyah Mambaul Hidayah dan Madrasah Aliyah Mambaul Hidayah. Murid-muridnya cukup banyak. Ada yang mondok dan tidak mondok langsung pulang kerumahnya usai belajar.

Sedangkan santri yang tinggal di pondok pesantren. Ada yang mondok saja dan ada yang sambil sekolah formal di MTs dan MA Mambaul Ulum.

Setelah KH. Dimyati Qodir meninggal dunia. Digan tikan istrinya Hj. SITI MUTAFIAH dibantu putra putrinya yang masih muda muda.

Perkembangan pesantren pun semakin maju pesat. Baik dalam bidang agama maupun umum. Kepercayaan masyarakat makin meningkat.

Husnu Mufid

Suasananya nyaman.