Pergantian Silaturahmi Demi Kebaikan Bersama

Oleh : yahya aziz.

Di saat hari raya idul Fithri 13-5-2021/1 syawwal 1442 H, kami menelpon video call mertua mohon maaf tidak bisa pulang. Saya pandang ibu mertua sangat sedih, ini semua bentuk patuh kami sebagai ASN untuk tidak boleh mudik mulai 6 – 17 mei 2021, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran pandemi CAVID 19 CORONA.
Sebagai gantinya insya Allah, tgl 7 syawwal 1442 di saat merayakan hari ketupat, kami sempatkan untuk pulang ke desa sambil ziarah kubur makam kedua orang tua kami. Alhamdulillah…. mertua kami tersenyum dan gembira sekali.
Tidak bisa mudik ke desa halaman kelahiran untuk sementara waktu, adalah kesempatan terbaik untuk mengalihkan silaturahmi di kampung halaman kota atau desa satu daerah.
Tidak usah repot-repot cari jalur tikus untuk pulang ke desa, karena di dalam satu kota atau desa banyak jiwa yang bisa kita kunjungi, bisa kita silaturrahmi, alhamdulilah kami bisa menemukan saudara kami daerah tempel Krian Sidoarjo, padahal sudah tinggal di Sidoarjo sejak 1972.
Inilah silaturahmi dengan saudara saudara dekat dalam satu kota, satu kabupaten yang terputus ini penting…. MENYAMBUNG SILATURAHMI.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
من سره أن يبسط له فى رزقه أو ينسا له فى اثره فليصل رحمه (متفق عليه)
Rasulullah Saw bersabda :
“Barang siapa yang senang diluaskan rizkinya oleh Allah dan ditumbuhkan pengaruhnya maka hendaklah menyambung hubungan silaturahim (kekulargaan). ( Bukhori Muslim )

Jika Anda ingin diluaskan rizkinya oleh Allah, sehat panjang umur, jangan lupakan saudara saudara kekerabatan dalam keluarga. Bisa jadi dari doa’ beliau lah Allah mengabulkan doa nya untuk kita.
Alhamdulillah saya bersama istri dan anak selama 5 hari bisa menyusuri jalan jalan kota, desa menemui beragam jiwa yang dulu pernah putus, menjadi saling mengenal.

Belum banyak yang bisa disilaturrohmi dan belum semua rencana kunjungan terpenuhi. Tapi berkunjung Silaturahmi ke beberapa saudara dan berbagi cerita sungguh memberi inspirasi kehidupan…..

Hati ceria 🍒…. Hidup bahagia…Imun tubuh naik….Iman naik…. Sehat JASMANI ROHANI dan panjang umur….. barakallah….

( Silaturahmi Bpk Budi Wali santri Gontor )
# Guru Ngaji Majlis ta’lim, Kolumnis Menara Madinah dan Buku Taubatnya Peselingkuh#