Tradisi Bani Sodik di Idhul Fitri di Rogojampi Banyuwangi

Banyuwangi-Tradisi ramah ramah, makan minum dan silaturrahmi Keluarga Bani Sodik dan Fatonah hingga kini masih terus dilestarikan. Meskipun sejumlah anggota keluarga telah meninggal dunia.

Tahun 2021 ini Keluarga Besar Bani Sodik tetap menggelar acara tersebut. Menempati rumah warna hijau yang dulu pernah jadi tempat tinggal Mbah Buyut Marjonah, Mbah Ibu Fatonah bersama cucunya Husnu Mufid saat masih duduk di bangku SMPN 1 Rogojampi Banyuwangi.

Usai Sholat Idhul Fitri di Masjid Baiturrahim Rogojampi seluruh anak dan cucu Mbah Sodik dan Mbah Fatonah bersalaman di halaman rumah yang dulu pernah ditinggali Mbah Sodik dan putra putrinya.

Usai bersalaman dan minta maaf. Dilanjutkan masuk ke rumah depan. Disini beramah ramah dan bertahlil dan doa ditujukan kepada mbah mbah dan saudara saudara yang telah meninggal dunia. Dipimpin Pak Lek Mahsun.

Setelah itu dilanjutkan makan makan. Berlanjut bagi bagi uang kepada keponakan-keponakan. Suasana jadi bahagia.

Untuk tahun 2020 dan 2021 Husnu Mufid putea Ibu Zahro dan Bapak Mahmud yang kini tinggal di Surabaya belum bisa pulang ke Rogojampi. Guna mengikuti tradisi tersebut. Karena ada larangan mudik oleh pemerintah. Semoga tahun 2022 bisa mudik lebaran.

Sedangkan cucu Mbah Sodik yang ada di Jember silaturrahmi di rumah Pak Lik Maki Rambipuji Jember. Ini merupakan tradisi baru. Suasananyapun gembira dan bahagia,

Husnu Mufid