KPSN Mampu Lalui Medan Sulit dan Cuaca Tidak Kondusif Untuk Blusukan Sejarah di Prasasti Bangle

Nganjuk. MenaraMadinah.Com, Dalam kondisi cuaca yang tidak kondusif, sebanyak 8 anggota Komunitas Pemerhati Sejarah Nganjuk ( KPSN) melakukan blusukan sejarah ke sebuah sendang yang berada tidak jauh dari Waduk Sumber Agung Kecamatan Gondang, Prasasti Bangle 1 dan Prasasti Bangle 2 yang berada di wilayah Kecamatan Lengkong.
Di kawasan sekitar sendang dan Prasasti Bangle , mereka dapat melihat sebuah kampung kuno yang menarik.
“Di kampung kuno ini ada banyak pecahan gerabah dan kereweng dengan penyebaran yang luas. Hal itu mengindikasikan banyaknya jumlah penduduk di daerah ini pada masa lalu , ” ujar Ketua KPSN Ujang Wilwatikta dari Kertosono.
Medan jalan yang mereka lewati untuk menuju lokasi cukup sulit dalam blusukan Minggu 4 April 2021. Para anggota KPSN harus berjalan kaki sejauh hampir 10 km dari 3 titik .
Kondisi dan tantangan tersebut ternyata tidak menyurutkan langkah dan spirit mereka dalam kegiatan sebagai upaya merawat sejarah di Nganjuk bagian utara. Namun demikian, mereka menyarankan pihak terkait dan berwenang agar memasang papan arah petunjuk menuju situs sejarah, papan informasi di situs sejarah , dan jalan menuju lokasi situs sejarah dicor agar mudah dilalui pengunjung dan jumlah pengunjungnya semakin meningkat.@ Bro-J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *