Haji Di Era Pandemi

 

 

Labbaikkallahumma Labbaik

Bakda Subuh, 8 Dhulhijah 1441 (29/7/2020), jemaah haji di era pandemi memulai ritual haji. Mereka berniat haji dari hotelnya masing2 dan menuju ke Masjidil Haram.

Untuk apa ke Masjidil Haram? Mereka melakukab tawaf qudum (tawaf selamat datang). Setelag itu, mereka menuju Mina untuk mabit di tenda-tenda yang telah dusediakan.

Hari inilah yg disebut Hari Tarwiyah. Tawafnya berhukum sunnah. Mabit tarwiyah juga berhukum sunnah. Jemaah Indonesia secara resmi tidak ikut Tarwiyah. Hanya sebagian kecil yang mengikuti cara ini.

Rabu sore (29/7/2020), sebagian jemaah ada yg melakukan haji ifrod dengan melakukan: niat dari hotel, lalu tawaf dan sai, kemudian langsung menuju ke Arafah. Tawafnya disebut tawaf qudum, tapi sainya sudah dianggap satu paket dg rukun tawaf haji. Sehingga nantinya, saat tawaf ifadoh tidak perlu lagi sai.

Intinya, Rabu ini. Ada 2 kelompok jemaah haji. Pertama, ada yang ke Mina untuk Tarwiyah. Kedua, ada yg ke Arafah untuk persiapan Wukuf yg akan berlangsung Kamis besok.

HAJI PANDEMI
Saat membaca tim handling saya dari Travel Bakkah Bakkah, saya hanya bisa berlinang air mata. Saya pun akhirnya menuliskan kalimat penyemangat agar mereka tetap sehat.

“Selamat datang jemaah haji spesial, selamat datang para tamu Allah yang spesial. Sejarah akan mencatat, kalian telah benar2 berjihad. Mengabaikan wabah, dengan tetap beribadah. Bersyukurlah karena kalian terpilih menjadi tamu Allah di saat pandemi covid-19.”

Terus terang, saya iri dengan ibadah yang kalian lakukan. Sejak awal tekad kalian sangat kuat. Semua protokol kesehatan kalian lalui dengan sabar. Mulai surat sehat, rapid test, PCR, sampai Isolasi sebelum berangkat. Luar biasa.

Tiba di Makkah. Isolasi lagi. Di cek kesehatan. Diperiksa dengan ketat. Masuk masjidil haram, masuk gerbang thermometer suhu. Lalu shalat, tawaf, sai dengan Jaga jarak. Sungguh sangat melelahkan.

Allahu Akbar, walillahilhamd. Untuk kalian semua yg sedang Tarwiyah dan di Arafah, titip salam dan doa saya, agar kalian semua sehat dan sempurna hajinya. Allah ridho dan semoga wabah ini segera diangkat.

Kita semua yg tidak ditakdirkan menjadi tamu Allah pada tahun ini, mari kita sambut hari arafah dengan Puasa Sunnah Arafah, Kamis (30/7/2020). Semoga Allah menerima puasa kita dan memudahkan kita semua untuk menjadi Tamu Allah, amin._

PT Bakkah Berkah Travel
Jl. Wonocolo Pabrik Kulit 29 Surabaya

✅ Daftar Umrah, Berangkat Akhir Tahun 2020
✅ Daftar Haji Plus, Berangkat tahun 2021

Info: wa.me/6282234301968

SAKSIKAN LIVE MAKKAH:
https://youtu.be/7g9Ie3syexY