Mbah Lamong Pendakwah dan Bupati Lamongan

“MBAH LAMONG”Sebutan Khas Pendakwah pertama dan Bupati Lamongan. Beliau umaroh dan ulama yang mumpuni. Berikut iniĀ  laporan Miftahul Huda.

Ki Ronggo Hadi, Asli Desa Cancing Kec. Ngimbang. Beliau Santri Kesayangan “SUNAN GIRI”, diwaktu Mbah Lamong belajar sangat beda dengan yg lainnya, mudah menghafal, cerdas dalam bidang ilmu fiqih dan ilmu bidang usaha terutama “Pertanian dan Perikanan”. Kebiasaan mbah lamong hanya sebagai abdi dalem untuk menyiapkan makanan dan minuman untuk kiai. Padahal masih banyak satu generasi yg hebat dibandingkan beliau, Namun keistimewaan mbah lamong yang tidak tergantikan.

Mbah Lamong, Memberikan dakwah baru yaitu Menjaga tradisi lama dan mengambil tradisi baru yang baik dan bagus pada zamanya itulah pegangan beliau dalam berdakwah.

Singkat cerita beliau pelan pelan mengajak orang sekitar sampai ke pelosok untuk masuk islam, cara khas beliau yang terkenal sebagai ahli ilmu agama dan pengusaha, oleh karena itu wajar saja, jika orang Lamongan yang menggeluti bidang tersebut dengan sebutan “Lamongan Megilan”, Bisa jadi kiai maupun jadi saudagar kaya raya.

InsyaAlloh dari cerita itu, saya Istiqomah setiap seminggu sekali tawassul dan berdzikir ziaroh ke Makam Ulama Kharismatik Ki Ronggo Hadi (Mbah Lamong). Semoga Alloh selalu meridhoi langkah kita semuanya sahab