Dimasa Covid Penyelengara Pilkada Harus Ada Lompatan Ide Kreatif

Pasuruan – menaramadinah.com: DPR RI meminta kepada penyelenggara pildaka serentak 2020 agar melakukan lompatan besar berupa inovasi yang kreatif, agar Pilkada ini menarik pemilih untuk menyukseskan pilkada.
Pernyataan diatas disampaikan anggota DPR RI komisi 2 Aminurrahman. “Dimasa pandemi Covid ini. KPU dan Bawaslu harus kreatif. Dengan merancang partisipasi agar tingkat kehadiran di TPS bisa tinggi,” ujarnya.
Aminurrahman yang pernah menjabat Walikota Pasuruan dua periode ini menambahkan KPU harus menyiapkan metode pemilihan yang kreatif dimasa pandemi Covid. Karena bagaimanapun juga protokol kesehatan tidak bisa diabaikan. Sehingga masyarakat punya kemauan untuk mendatangi TPS.
“Silahkan berimprovisasi dengan sebaik mungkin untuk mendorong pemilih tertarik untuk mendatangi TPS. Kalau tidak ada terobosan dimasa Covid. Tentu masyarakat bisa apatis dengan pilkada,” ungkapnya.
Apalagi, masih kata mantan ketua DPRD Kota Pasuruan ini, DPR sudah menyetujui permintaan KPU untuk menggunakan dana Rp 4 triliun untuk memenuhi protokol kesehatan dalam menunjang pelaksanaan Pilkada serentak nanti.
“Partisipasinya harus bisa mencapai 75 persen. Ya harus dibuat se menarik mungkin. Dan pemilih harus penasaran untuk datang ke TPS. Ini adalah momentum bagi penyelenggara pemilu, dimasa Covid bisa mendorong partisipasi yang tinggi. Sejarah akan mencacat keberhasilan penyelengara pilkada di 2020 dengan sukses luar biasa,” tambahnya lagi.(aza)