Sekilas Ponorogo dan Adipati Tjokronegoro

MenaraMadinah.com,Ponorogo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berdekatan dengan Madiun.Ketenaran Ponorogo telah sampai ke mancanegara.Setidaknya,ada dua hal yang membuat Ponorogo mendunia yaitu daerah tersebut merupakan tempat lahirnya kesenian Reog dan adanya Pondok Modern Darussalam Gontor.Kata Gontor merupakan akronim dari Enggon Kotor,versi lain mengatakan Panggonan Wong Kotor.
Dalam suatu kesempatan majelis,Budayawan kondang Emha Ainun Najib pernah mengatakan bahwa sebelum adanya Pondok Darussalam ,Gontor adalah tempat banyak orang melakukan kemaksiatan seperti judi,miras dan sebagainya .Namun lambat laun,Gontor berhasil diubah menjadi kawasan religius,tempat mengaji ribuan santri dari dalam dan luar negeri dengan bahasa pengantar Arab dan Inggris yang dipakai dalam aktivitas keseharian dalam lingkungan pondok.
Seperti diketahui dari berbagai media cetak dan online,Cak Nun (panggilan akrab Emha Ainun Najib) memang pernah belajar di Gontor pada masa mudanya.
Dalam era kolonial,Ponorogo pernah dipimpin oleh seorang bupati bernama Raden Mas Adipati Tjokronegoro ,putera dari Kyai Hasan Besari dan kakek dari Pahlawan Nasional HOS Tjokroaminoto .
Beliau menjabat sebagai Bupati Ponorogo paling lama sepanjang sejarah Ponorogo,selama 26 tahun,dari tahun 1856- 1882.
Ia merupakan tokoh yang berperan penting dalam pembangunan Masjid Agung Tjokronegoro yang berdiri disamping alun-alun Ponorogo.
Sikap berani dan tegas Adipati Tjokronegoro membuat pihak Belanda segan dan takut.Beliau memang sangat taat menjalankan syariat Islam dan lebih mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat mempertahankan harga hasil bumi dan Batik Ponorogo lebih mahal dari daerah lainnya.
Ayahnyapun(Kyai Hasan Besari) dikenal pula sebagai seorang ulama yang konsisten dalam menerapkan aturan syariat Islam dengan memotong tangan para pencuri dan begal .Akibatnya banyak penjahat menjadi jera lalu bertobat.
Adipati Tjokronegoro wafat tanggal 20 Maret 1900 dan jasadnya dikebumikan dibelakang Masjid Agung Kauman,Ponorogo.
**Picture: Adipati Tjokronegoro yang berwibawa dan bersorot mata tajam.
By Bro J/berbagai sumber.18062020