Hanya Allah Sebagai Pelindung

Oleh : Drs. Haryadi Pamungkas, M.Si

Wahai sabatku Muslim, sebagai seorang mukmin, kita meyakini bahwa Allah SWT Maha Kuasa atas segala-galanya serta tidak ada tempat untuk meminta pertolongan dan perlindungan kecuali hanya kepada-Nya. Karenanya, bersandar kepada Allah merupakan bagian sangat penting yang perlu kita terapkan dalam kehidupan ini. Sebab, untuk apa kita lari kepada pihak yang tidak mampu memberikan perlindungan, bergantung kepada pihak yang tidak memiliki kekuasaan, serta berserah diri kepada pihak yang tidak mempunyai daya dan upaya.

Memohon pertolongan (isti’anah) dan perlindungan (isti’adzah) kepada Allah merupakan bentuk keyakinan serta pengakuan diri bahwa kita adalah makhluk lemah yang tidak akan mampu mengarungi kehidupan dunia yang penuh dengan fitnah ini tanpa pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. karena manusia adalah makhluk yang penuh keterbatasan. Sepandai-pandainya manusia, ia tidak akan mampu memastikan apa yang akan terjadi esok hari. Manusia hanya bisa merencanakan, bahkan seringkali apa yang direncanakan tidak sesuai harapan.

Pengakuan diri bahwa Allah sebagai satu-satunya tempat bergantung juga perlu ditampilkan dalam kehidupan sehari-sehari dengan tidak tenggelam dalam perbuatan menyekutukan Allah.

Inspirasi dan Motivasi PamungkasCenter