Tari Banjar Kemuning Asal Sidoarjo

 

Tari Banjar Kemuning, diciptakan oleh Agustinus, S.Sn. Tarian ini terinspirasi dari salah satu desa yang terletak di Sidoarjo, Jawa Timur, yakni Desa Banjar Kemuning yang terletak di pesisir pantai, dengan mata pencaharian utama masyarakatnya ialah sebagai nelayan.

Tari Banjar Kemuning ini menggambarkan para istri nelayan yang tegar dan kuat menghadapi sengitnya kehidupan. Dan selalu memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kesehariannya saat suaminya pergi berlayar.

Pada umunya tari Banjar Kemuning ini ditarikan dalam berbagai macam pertunjukkan. Keunikaan gerak tarian ini terletak pada gerakan yang cepat dan dinamis, gerakan slendang yang berkali-kali diseblakkan yang menunjukkan bahwa tarian ini memiliki makna yang kuat dan gerakan tangan yang cepat dan dinamisyang menimbulkan kesan unik dan menumbuhkan semangat baru.

Kostum yang digunakan dalam tarian ini cukup simple dengan warna original dan kalem yang menggunakan warna biru dan kuning. Gaya rambut pada tarian ini pula cukup simple dan sekilas menyerupai tatanan rambut bergaya China. Penari juga tidak memakai terlalu banyak aksesoris, penaari hanya menggunakan beberapa aksesoris kepala antara lain kembang goyang, cundhuk mentul dan mahkota. Riasan wajah penari juga simple. Hal ini menggambarkan kesederhanaan hidup para warga desa Banjar Kemuning. Sedangkan musik pengiring Tari Banjar Kemuning adalah Gendhing-gendhing.

Totok Budiantoro

Koresponden MM.com