Prof. Drs.Dafik, M.Sc,Ph.D Menuju Rektor Universitas Jember

Ini adalah profiling Calon Rektor Unej yang berasal dari alumni kita. Patut kita dukung.
#Wajib bagi Kauje#
#Branding Alumni#
#Masa Depan Unej dan Kauje#

Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D saat ini Dekan FKIP Universitas Jember


Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D. lahir di Situbondo, Jawa Timur pada tanggal 2 Agustus 1968. Sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah diselesaikan di Situbondo. Kemudian menyelesaikan program sarjana Pendidikan Matematika pada tahun 1992 di FKIP Universitas Jember dan diangkat menjadi dosen program studi pendidikan Matematika sejak tahun 1992 sampai sekarang.
Gelar Master diperoleh dari University of Manchester Institute of Science and technology (UMIST) U.K Inggris tahun 1998 bidang Matematika, sedangkan Gelar Doktornya diperoleh dari School of Information and Technology and Mathematical Science (ITMS) University of Ballarat, Australia tahun 2007 dalam bidang Matematika kombinatorika.
Pengalaman menjabat adalah sebagai berikut: 1) Ketua Laboratorium Komputer FKIP Universitas Jember 1999-2004, 2) Ketua Perhimpunan Alumni dan Pemerhati Pendidikan Matematika Indonesia (PERHAPPMI) 2007-sekarang, 3) Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember 2008-2013, 4) Ketua tim redaksi jurnal Pancaran Pendidian FKIP Universitas Jember 2008-2017, 5) Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Pendidikan (LP3) FKIP Universitas Jember 2013-2016, 6) Dekan FKIP Universitas Jember 2016 – sampai sekarang, 7) Ketua tim akselerasi publikasi journal terindeks SCOPUS Universitas Jember 2017- Sekarang, 8) Ketua Research Group Combinatorics, Graph Theory and Network Topology (CGANT) 2018-Sekarang, 9) Anggota tim penilai angka kredit kenaikan pangkat dan jabatan dosen Universitas Jember 2018-sekarang.

Aktif sebagai peneliti baik dalam bidang matematika murni maupun bidang pendidikan. Dalam google scholar profilenya, kurang lebih 450 publikasi yang telah dipublikasikan baik dalam jurnal nasional maupun internasional terindeks dengan h-indeks 12 dan i10-indeks 15, dan sekitar 60 publikasi tersebut termuat pada jurnal internasional terindeks oleh Scopus. Sehingga dia menjadi peneliti aktif dengan jumlah publikasi Scopus terbanyak di Universitas Jember, dan peringkat Shinta nomor satu di level Universitas Jember.
Tahun 2018 ini, dia mendapatkan Shinta Award dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Komitmen dia pada pengembangan riset cukup tinggi, terbukti dengan gigihnya dia mengembangkan kurikulum berbasis riset di Fakultas. Rekonstruksi kurikulum pada lima belas prodi yang dipimpinnya, hampir seluruhnya telah mengembangkan dan menerapkan kurikulum berbasis riset, hal ini berkaitan dengan arah kebijakan pimpinan yang mulai tahun 2017 telah mencanangkan “Teaching Cum Research University Program”. Melalui kepemimpinannya sebagai Dekan FKIP Universitas Jember, hampir lima puluh kelompok riset telah dibentuk di tingkat program studi dan menjadikan FKIP sebagai fakultas dengan tingkat kepemilikan jumlah publikasi internasional terindeks Scopusnya terbanyak di Universitas Jember.
Termasuk dia telah berhasil memotivasi seluruh prodi yang dipimpinnya untuk mengembangkan jurnal jurnal prodi berbasis OJS (Open Journal System). Dengan demikian FKIP melalui kepemimpinannya, siap untuk memasuki Education 4.0 pada era industry 4.0 sekarang ini, dimana research activity menjadi academic core pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi yang memacu teraihnya capaian pembelajaran (learning outcome) prodi dan mahasiswa yang berorientasi pada kepemilikan keterampilan 4C (Creative-Innovative, Critical, Communication and Collaboration) skills yang tinggi. Terkait ini pula, dia berkomitmen mengembangkan pendidikan berbasis karakter (Character based education) dan berbasis kehidupan (life-based education) yang memberikan kesempatan menyeluruh dan merata di seluruh lapisan masyarakat luas. Oleh karena itu sejak tahun 2017, melalui kepemimpinannya FKIP mengambil peran dalam perluasan dan peningkatan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi melalui program pengembangan dan perluasan prodi baru dibawah “Program Studi di Luar Kampus Utama”. Termasuk juga dia telah mencanangkan pembukaan prodi baru kreatif mulai dari level sarjana, profesi, magister dan program doktor.

Selain aktif sebagai dosen dan peneliti, dia juga aktif sebagai konsultan, motivator dan trainer bidang pendidikan. Pengembangan kurikulum, pengembangan model-model pembelajaran inovatif, pengembangan media interaktif serta pengembangan artikel ilmiah bereputasi internasional adalah kajian kajian yang merupakan keahliannya.
Dia aktif menjadi konsultan pada level pendidikan di sekolah sampai perguruan tinggi, tidak hanya di Indonesia namun juga di beberapa negara, seperti Thailand, Malaysia, Taiwan, dan Australia. Bekerja sama dengan EIS School Network Thailand, dia aktif dalam mengembangkan Google Classroom, dengan Taiwan dia berkolaborasi dalam pemanfaatan cloud classroom dalam pembelajaran, dan dengan University of Newcastle Australia, dia aktif mengembangkan joint paper dalam bidang kombinatorika. Aktivitas tertinggi saat ini adalah menjadi even organizer pada even-even international conference dalam kerangka menyebarluaskan literacy of research dan literacy of publication pada jurnal jurnal internasional bereputasi.

Singgih Sutoyo

jurnalis citizen MM.com