Roadshow Bus KPK 2019 “JELAJAH NEGERI BANGUN ANTI KORUPSI” di Kabupaten Lumajang

Lumajang-menaramadinah.com sebanyak 7 orang peserta didik dan seorang guru PKn dari SMAN 1 Tempeh mengikuti Roadshow Bus KPK 2019 “JELAJAH NEGERI BANGUN ANTI KORUPSI” yang dilaksanakan hari Rabu, 4 September 2019 di Pendopo Kabupaten Lumajang.

 

Kegiatan ini di bagi beberapa pertemuan, untuk guru dilaksanakan 09.00 – 12.00 WIB untuk guru dan untuk peserta didik dilaksanakan 14.00 – 17.00 WIB.
Menurut Agus Purwatmadi, S.Pd. dalam usaha pemberantasan korupsi KPK menjabarkan beberapa tugas diantaranya pertama adalah pencegahan sebagai upaya untuk mencegah Penindakan sebagai langkah preventif dalam usaha penangggulangan korupsi melalui Sistem yang transparan dan akuntabel serta Sosialisasi kepada seluruh kalangan seperti yang dilaksankan saat ini. Kedua penindakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera kepada para pelaku korupsi. Disamping itu beliau yang juga sebagai guru PKn di SMAN 1 Tempeh menerangkan bahwa pencegahan korupsi menurut KPK tidak harus masuk kedalam kurikulum pendidikan tetapi menitipkan pesan anti korupsi pada kompetensi dasar yang sesuai agar pesan itu tersampaikan dengan baik.

Pada kesempatan kedua yang dilaksanakan untuk peserta didik KPK menekankan pentingnya “Berani Jujur Hebat” sebagaimana tagline KPK saat ini sebagaimana dikemukakan oleh Miftahul Egiansyah siswa kelas XI IPS4 di SMAN 1 Tempeh bahwa siswa harus berani bersikap jujur dalam setiap perbuatannya dan harus selalu siap menjadi agen-agen kejujuran.
Afandi_Jurnalis Citizen MM.com