YOUNG LAWYER COMMITEE (YLC) PERADI BANYUWANGI LAKUKAN LITERASI HUKUM BERSAMA WARGA SMK N DARUL ULUM MUNCAR

 

Banyuwangi, 20 September 2024.
Kembali YCL Peradi Banyuwangi melakukan giat “YLC Goes to School”. Kali ini dilaksanakan di Aula SMK Negeri Darul Ulum Muncar.

9

Tidak kurang 200 orang warga sekolah negeri di lingkungan terdiri atas tenaga pendidik dan kependidikan, orang tua murid dan perwakilan murid di semua level. Bertajuk “Kenakalan Remaja dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Konsekuensi Hukumnya” berlangsung interaktif.

Narasumber YLC yang dipandegani oleh Sekum Gembong A.R., S.H., dan Niken Retno Dwi Rimbawati, S.H. menyampaikan keprihatinan berita tentang hal-hal yang tidak patut yang dilakukan oleh anak-anak usia sekolah dalam bentuk buli atau kekerasan serta tindakan melawan hukum yang mengarah pada tindak kriminal. Giat tersebut benar-benar membawa pencerahan, pengetahuan dan informasi yang bermanfaat khususnya tentang persoalan hukumnya.

Dr. H. Umar Said, M.Pd. Kepala SMK Negeri berbasis pesantren itu memantau giat tersebut lewat android karena beliau sedang dinas tugas luar kota di Jakarta, mengatakan bahwa literasi ilmu hukum dan praktiknya perlu dipahami oleh warga sekolah agar senantiasa bisa menjaga keharmonisan dalam bersosial baik dalam lingkup sekolah maupun di luar sekolah.

Mencegah lebih bijak daripada menyelesaikan. Yang menjadi ancaman di pergaulan sekolah kecuali bullying, persikusi, pelecehan sesual dan bentuk-bentuk pelanggaran lain sedemikian mungkin diminimalkan dan bahkan diharapkan sekolah bebas dari ancaman itu. Sekolah benar-benar menjadi tempat yang aman, nyaman dan inspiratif”, jelas Kasek inovatif asal Kec. Sempu itu.

Selanjutnya YLC akan terus mengupayakan giat literasi hukum ke sekolah-sekolah negeri dan swasta di Banyuwangi. Generasi muda harapan masa depan bangsa harus memiliki karakter, moralitas kepribadian yang unggul di samping skill dan kompetensi akademisnya bagus”, ujar

Retno. Sinerjitas antara YLC dan lembaga-lembaga pendidikan terus dibangun dikuatkan karena dua lembaga ini strategis mengawal generasi muda. Diketahui bahwa YLC ini organisasi sayap dari Peradi yang sifat relawan atau voulenteer, tegas Sekjen Peradi, Jaenal Aris Masruchi M.H., M.Pd.
M.R Jurnalis Menaramadinah.com.