SDNU Unggulan Gelar Geberek Mauludan

Pasuruan – Menaramadinah.com : Menyambut bulan Maulud ratusan siswa siswi, orang tua dan guru SD NU Unggulan gelar geberek Maulud. Pada hari Selasa (17/9/2024) disekolah tersebut.

Suasana gerebek ini sangat meriah mulai ada beberapa gunungan yang terbuat dari buah-buahan, Snack dan kue. Sebelum digerebek mereka berjalan kaki sembari melantunkan Sholawat Nabi.

Tak hanya itu saja, ada pemandangan menarik lainnya, yakni gunungan muludan yang dijinjing para pelajar putra.

Pantauan di lapangan, gunungan tersebut berisikan makanan ringan, buah-buahan dan sayuran. Ada beberapa gunungan yang dibawa keliling mulai dari depan sekolah, kemudian diarak menuju Jl Niaga, Alun-Alun Kota Pasuruan, Jl Dewi Sartika dan finish di sekolah.

Setelah sampai di sekolah kue, sayuran dan buah-buahan itu diperebutkan oleh siswa. Suasana riang gembira dirasakan anak – anak memperebutkan jajanan.

Kegiatan tersebut dinamai Grebek Muludan yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Kepala Sekolah SDNU Unggulan Bangilan Kota Pasuruan NU Farida mengemukakan Dirinya i ingin memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara seperti ini. Kita namai Grebek Muludan, keliling mengarak makanan, minuman plus sayur dan buah dengan jalan kaki.

Dikatakan lagi, Grebek Muludan dilakukan dengan jalan kaki. Tujuannya adalah untuk mengenang bagaimana Rosululloh SAW saat berdakwah dari tempat satu ke tempat lainnya dengan cara berjalan kaki.

“Karena Rosululloh SAW juga jalan kaki ketika syi’ar atau berdakwah dari satu tempat ke tempat lainnya,” ungkapnya.
Masih kata Kepala Sekolah SD NU Unggulan Bangilan Kota Pasuruan menambahkan Maulid Nabi Muhammad SAW harus diperingati dengan suka cita.

Oleh sebab itu, Grebek Muludan menjadi salah satu cara mengungkapkan kebahagiaan menyambut kelahiran Nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW.
“Maulid Nabi itu hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Semua umat manusia di dunia menyambut dengan penuh gembira. Makanya Grebek Muludan ini kita bawa dengan suka cita,” ucapnya.

Lebih lanjut Farida menegaskan, Grebek Muludan akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun. Ia pun berharap kepada seluruh siswa, guru dan keluarga besar SD NU Bangilan agar menjadikan Maulid Nabi sebagai momentum untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad.

“Kita perbanyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan kita mendapat syafaat dari Rosululloh dan berdampak pada kebahagiaan kita semua,” harapnya.(aza)