Misteri Angka dan Kehidupan Manusia 2 : life cycle

  1. Oleh : Bunda Nunki.

Kehidupan manusia ternyata selalu berada dalam siklus yang berulang. Mirip siang dan malam dalam siklus 24 jam.

Seperti alam dengan siklus waktunya, ternyata manusia juga punya siklus waktu. Tapi siklus yang dimiliki tiap orang tidaklah sama. Ada siklus pendek dalam jarak setahun, beberapa tahun bahkan lebih.

Panjang pendeknya siklus tiap orang ditentukan dari lahir. hanya semesta yang tahu sebabnya. Bisa jadi seseorang memiliki siklus pendek karena tak membutuhkan proses pembelajaran lama. Namun ada orang yang butuh lebih lama. Wallahu alam.

*Analogi Siklus*

Siklus diperlukan untuk momentum pergerakan kehidupan si manusia itu sendiri. Bayangkan jika siklus siang dari 12 jam berubah jadi 24 jam? Kira2 apa yang terjadi? Hidup berjalan lamban dan stagnan.

Karena itu setiap siklus berarti dimulainya fase hidup baru. Sama seperti kita bangun tidur pagi, dimulai fase hari itu.

Berarti ujung siklus terjadi di malam hari. Disitu kita mereview aktivitas seharian. Dan membuat rencana untuk esok hari.

*Kerentenan ujung siklus*

Setiap berada di ujung siklus, individu tsb sebenarnya berada di masa transisi. Masa transisi ini akan menentukan apakah ia akan terjatuh atau naik di siklus berikutnya.

Analoginya begini. Jika seharian kita menghadapi kesulitan yang membuat diri kita dihantui ketakutan dan kecemasan, kira2 apa yang akan terjadi esok hari? Ya, kemungkinan besar kita akan dihantui hal sama esok hari. Tidak semangat menyambut hari esok Lemas. Akibatnya hari baru atau siklus baru membuat kita jatuh dalam jurang kecemasan.

Maka setiap ujung siklus selalu memiliki 2 pilihan: terungkit atau terjatuh !

*Problema siklus*

Apabila jatuh, maka si individu harus menghabiskan waktunya dalam proses belajar hingga selesai masa siklusnya. Barulah ia dapat daya dorong atau momentum baru untuk naik lagi ke level berikutnya. Kalau di ujung siklus jatuh lagi? Ya belajar lagi.

Bila jatuh lagi? Ya makin dalamlah ia terjatuh, makin sulit untuk naik di level yang sama.

Setiap masa siklus yang panjang memungkinkan individu mengalami quantum leap berkali lipat tapi sekaligus beresiko jatuh berlipat ganda. Duh.

*Siklus Bunda*

Siklus bunda tergolong panjang, 6 tahun. Dan tahun 2024 ini adalah ujung siklus bunda, masa transisi yang menentukan apakah akan loncat naik tinggi atau terjatuh dalam. Kalau terjatuh, daya dorong momentum baru tersedia di tahun 2030.

Dalam setiap masa transisi siklus ini, alam akan menghadirkan pengalaman2 untuk membantu kita membuat pilihan2 yang akan menentukan bentuk akhir ujung siklus. Pengalaman yang dihadirkan biasanya unik, tak biasa. Entah karena sifatnya yang ekstrim, pengalaman baru, sangat berbekas di hati, dsb.

*Menghitung life cycle*

Ada formula hitungan life cycle, sayangnya bunda lupa. Namun bisa diakali dengan menandai peristiwa besar atau khusus yang telah kita lalui. Lalu lihat berapa rata-2 jarak antar peristiwa tsb. Itulah angka life cycle kita.

Contoh berikut penandaan life cycle bunda.

*tahun 1988*
Ketika itu bunda masih kelas 8. bunda nonton talk show di TVRI tentang orang yang bisa baca kepribadian dari tulisan tangan. Bunda penasaran. jadi rajin mengamati tulisan kawan2 di sekolah. Dan bunda menemukan pola hubungan tulisan tangan dan kepribadian.

Kawan2 yang pintar tulisannya kecil-kecil dan rapi. Yang malas masuk dan nilainya anjlok, tulisannya besar2, kebanyakan berantakan mirip cakar ayam. Itu akhirnya mendorong bunda kuliah di fak.psikologi agar bisa memahami jiwa manusia lebih baik. Cuma gara2 nonton TV, akhirnya masa depan bunda terbentuk saat itu.

*Tahun 1994*
Life cycle berikutnya, bunda harus mengambil keputusan apakah lanjut kuliah, menikah atau pindah studi ke Australia. Bunda putuskan menikah, tentu saja ini berdampak pada kehidupan selanjutnya. Kuliah menjadi tertunda, memiliki anak dan tinggal di desa pelosok Sul-Sel mendampingi tugas suami.

*Tahun 2000*
selulus kuliah psikologi, bunda dihadapkan lagi pada pilihan melanjutkan karir di bidang NAZA, menerima tawaran kerja dari kepolisian Australia yang sedang butuh ahli grafoforensik, tetap berkarir di Indonesia atau memiliki anak lagi.

*Tahun 2012*
bunda jatuh sakit divonis mati 6 bulan lagi. Menyebabkan bunda berpikir betapa berharganya hidup dan pentingnya berbagi ilmu. Itu mendorong bunda jadi penulis dan narasumber media. Tahun ini juga bunda memutuskan bergabung dengan LPSK

Kalau tiap tahun sahabat menemukan hal baru, berarti life cycle nya pendek, tiap tahun.

Demikian ya sahabat. Semoga dengan penjelasan bunda ini, sahabat paham dan bisa menemukan life cycle nya. Kemudian manfaatkan momentumnya untuk mengungkit kesuksesan.

*closing*

Btw, kalau gak percaya dan ogah hitung life cycle juga gpp. Ingatlah saja satu hal ketika sedang menghadapi kesulitan, berarti alam sedang memberi kesempatan kita belajar dan pilihan untuk bangkit atau menyerah. So, tetap semangat ya.

Jakarta, 30 Juni 2024

Bunda Nunki
Inner psychology
www.bundanunki.com