Pemotongan Tumpeng pada Acara Dies Natalis ke 24 FK UNEJ

 

Jember, 24 Juni 2024-Fakuktas Kedokteran (FK) Universitas Jember (UNEJ) mentargetkan pada tahun 2024 ini memiliki 2 Program Spesialis diantaranya Anastesi dan Bedah Umum, di usianya yang memasuki 24 tahun berkiprah, menurut, Dr. dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE., Subsp. L.B.L.(K), Dekan Fakuktas Kedokteran Universitas Jember, mengungkapkan, hanya tinggal selangkah lagi program tersebut akan segera dibuka, hal ini diungkapkan kala ia memberikan sambutan pada acara Dies Natalis ke 24 FK UNEJ, kemarin (23/06/2024), di halaman tengah FK UNEJ.

“Di hari yang istimewa ini, kami akan mentargetkan tahun ini (2024) akan segera membuka 2 spesialis, yaitu Anastesi dan Bedah Umum, hanya tinggal selangkah lagi, kami berharap support dari berbagai pihak agar apa yang kami programkan tahun ini berjalan lancar,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, mementum Dies Natalis ini adalah ajang untuk mensosialisasikan serta meminta dukungan berbagai pihak agar kiprah FK UNEJ selama 24 tahun ini telah benar-benar memberikan kontribusi kepada bangsa ini.

“Kenapa dalam ajang Dies Natalis ini kami mengambil tema “Agromedrun”?, saya ambil filosofinya diri run atau berlari, FK UNEJ saatnya berlari, tidak boleh berdiam diri agar dapat meraih mimpi-mimpinya selama ini,” katanya.

Ia berharap kedepan, akan terus mendorong baik sarana dan prasarana serta insfrastruktur agar kualitas pendidikan di lembaganya berjalan secara Peofesional.

Sementara itu, Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, menyatakan, ada 2 hal yang perlu di tekankan pada usia FK UNEJ yang memesuki 24 tahun ini. “Yang pertama, sebagai ajang refleksi, perjalanan FK selama 24 tahun pasti ada dinamika baik yang menantang ataupun hal yang sangat mengembirakan dengan tahapan kesuksesan yang ada,” katanya.

Selanjutnya, ia menuturkan, FK UNEJ tentu memiliki harapan dan perencanaan besar untuk kelembagaan, langkah apa kedepan 5 sampai 25 tahun kedepan harus direncanakan dengan baik, ^dilihat dari progres hari ini sangat mengembirakan, ditahun ini FK UNEJ akan mendirikan 2 spesialis yang sudah relatif matang, mudah-mudahan di tahun 2024 ini bisa launching, sebagai hadiah kado ulang tahun yang ke 24,” katanya.

Ia lantas mengatakan, perjalan FK UNEJ selama 24 tahun berkiprah adalah hal yang tidak mudah, ditengah persaingan yang cukup ketat, jika dibandingkan dengan perguruan tinggi yang cukup stabilis dengan support sistem yang baik.

“Hal ini menjadi tantangan, ditengah-tengah tuntutan masyarakat yang semakin tinggi, baik aspek pelayanan, kualitas, sarana prasarana terutama terkait dengan bidang kesehatan,” katanya.

Lalu ia menambahkan, di tahun ini peran serta alumni khususnya di FK UNEJ telah mulai nampak, hanya belum terorganisir dengan maksimal, karena potensi yang ada.

“Apalagi di kerdokteran, para alumninya yang telah menempuh spesialis dan bahkan menurut informasinya, ada alumni yang memliliki rumah sakit ini saya kira potensi alumni yang sangat luar biasa, hanya tinggal memenej supaya ada sinergi yang kuat antara FK dengan para alumninya, dan impeknya akan berdampak baik kepada para mahasiswa di FK, sebab, secara ekonomi mereka (mahasiswa) tidak semua memiliki kemampuan ekonomi yang kuat,” imbuhnya.

Ia berharap, adanya ikatan dengan semua pihak dan alumninya, sehingga kedepan FK UNEJ semakin baik reputasi, pelayanan dan memiliki insrastruktur yang memadai untuk menunjang keberlanjutannya dan membutuhkan kemistri dan komitmen yang kuat diantara sumber daya yang ada.(is)