Soft Launching Edu Heritage Jakarta – Cirebon Raya

Kota Cirebon – menaramadinah.com
Telah dilangsungkan acara soft launching program Edu Heritage yang bertujuan untuk mengembangkan pariwisata melalui pemanfaatan kekayaan warisan budaya antara Jakarta dan Cirebon, Acara yang diselenggarakan di Pendopo Bupati jalan Kartini Cirebon, di hadiri Raja Raja Nusantara, ini menandai langkah awal kolaborasi antara pemerintah daerah, komunitas seni, dan pihak swasta untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap Kebudayaan Nusantara (Sabtu 22 Juni 2024).

Ketua Yayasan Badan wakaf Kasepuhan Cirebon Ahmad Jazuli, mengatakan pentingnya menjaga dan mengembangkan warisan budaya sebagai salah satu potensi besar dalam industri pariwisata Indonesia.

Soft launching Edu Heritage di Cirebon menghadirkan komitmen dari pemangku kepentingan dan masyarakat untuk mendukung program wisata berbasis elite. Cirebon dipilih sebagai titik masuk karena hubungan sejarahnya dengan Jakarta, yang dimulai dari acara perpindahan ibu kota dari Sunda Kelapa ke Jayakarta setelah pengusiran Portugis. Perayaan ulang tahun DKI Jakarta setiap tanggal 22 Juni juga erat dengan sejarah Cirebon , termasuk peninggalan seperti baju besi dan meriam Portugis di Keraton Kasepuhan Cirebon, menjadi fokus utama. Untuk memperkuat program ini, direncanakan pembentukan badan pengelola Edu Heritage Jakarta – Cirebon, yang melibatkan pemangku kepentingan dan masyarakat termasuk city tour ke situs warisan budaya,” ungkapnya.

Program ini diharapkan dapat menciptakan sinergi positif antara Jakarta dan Cirebon dalam mengembangkan destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

Melalui penerapan teknologi digital dan metode pembelajaran inovatif, Edu Heritage berupaya membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya melestarikan budaya lokal.

Selain itu, Acara soft launching ini juga menampilkan pertunjukan seni budaya yang memukau, termasuk tari-tarian tradisional dan pertunjukan musik etnik yang menjadi bagian integral dari identitas budaya Jakarta – Cirebon. Dengan berbagai kegiatan yang telah direncanakan ke depan, Edu Heritage diharapkan mampu menjadi model kolaborasi yang sukses dalam pengembangan pariwisata berbasis budaya di Indonesia.(hsn)