Semesta Pernapasan (Penyembuhan Cara Sufi) Pendekatan Holistik

Oleh : Saefullah Azhari & Yahya Aziz Dosen FTK UINSA

Riset penelitian di atas adalah catatan sebuah buku berjudul : PENYEMBUHAN CARA SUFI karya Syaikh Ghulam Moinuddin, buku asli ini berjudul “The Book of Sufi Healing”.
Riset penelitian ini merupakan usaha sistematisi tradisi kesehatan dan penyembuhan di kalangan para sufi. Sebuah tradisi kesehatan manusia lahir dan batin untuk meraih kebahagiaan dunia akhirat.
Pendekatan spiritual terhadap kesehatan semacam ini mendapat minat masyarakat luas baik masyarakat umum dan akademisi medis.
Dunia kedokteran modern sendiri mengenal istilah PENDEKATAN HOLISTIK.
Tubuh manusia ada bagian integral tak bisa dipisahkan yaitu :
1.FISIK 2.PSIKHIS, 3. SPIRITUAL,4. SOSIAL.
Itulah sehat fisik,sehat psikhis, sehat spritual dan sehat sosial.
Buku penyembuhan cara sufi karya Syaikh Ghulam Moinuddin sangat menarik, terdiri dari 16 pokok bahasan : Pengertian Kesehatan, Hirarki penciptaan, Perhentian jiwa, Makanan & Kesehatan, 4 Esensi Tubuh, Makanan Rasulullah, Ramuan tetumbuhan untuk Penyakit, Puasa : teknik pengobatan terbaik, Shalat : postur para nabi, Dzikir pengingat yang Maha Suci, Semesta Pernapasan, Kunci kekayaan langit dan bumi, Obat yang sempurna.

SEMESTA PERNAPASAN
Menarik sekali kajian tentang semesta pernapasan ini (hal 235).
Jika Anda sakit Anda menghirup udara oksigen berapa harga nya.
1 tabung oksigen besar seharga Rp. 2.500.000, jika sehari 24 jam menghabiskan 1 tabung. Jika 1 bulan: 2.500.000 x 30 : Rp. 750 juta.
Jika 1 tahun 750 juta x 12 : 9 Milyar
Jika umur Anda 50 tahun…maka 9 M x 50 sama dengan 45 Milyar…
Subhanallah kita bernafas dengan udara oxigen seharga 45 M…
Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadzdziban…. nikmat yang mana kau dustakan.

KAJIAN HEMBUSAN NAFAS
Dalam Al-Qur’an surat 15 ayat 28 & 29, Allah menggunakan kata NAFAS untuk hembusan -Nya dan dia menggunakan kata RUH untuk jiwa-Nya ini menunjukkan bahwa kita (nafas & ruh) pada mulanya berasal dari Allah dan akhirnya kembali kepada Allah SWT.

Dari semua tanda kehidupan fisik yang mempengaruhi kesehatan yang langka dipertimbangkan dalam dunia kedokteran dan penyembuhan adalah NAFAS.
Maka di zaman sekarang ini muncul pengobatan terbaik dengan pernapasan….Senam pernapasan.

Nafas memiliki hubungan yang penting dengan kesehatan :
1.Nafas adalah perantara antara manusia dengan kehendak idz Allah (kehendak Tuhan) sejak lahirnya manusia.
2.Nafas bertanggung jawab terhadap penyampaian sifat sifat Tuhan dari organ jantung ke berbagai pusat pikiran, tubuh dan jiwa.
3.Nafas menciptakan keseimbangan dan keharmonisan temperatur tubuh manusia
4.Nafas membawa unsur-unsur pendukung kehidupan dari luar tubuh ke fungsi fungsi fisiologis tubuh manusia.

NAFAS ITU SUCI
Nafas tidak sama dengan udara, nafas yang keluar dari organ tubuh manusia hidung dan mulut itu SUCI sebagai esensi memiliki sifat alam kehidupan surgawi, nafas adalah kekuatan hidup langsung dari Allah SWT.
Nafas adalah pengatur kesenangan, kesedihan,keramahan, kecemburuan dan emosi.

Kuantitas dan kualitas nafas yang kita keluarkan mempunyai pengaruh penting terhadap kesehatan modern.
Apabila kita bahagia maka itulah nafas nafas positif, sedangkan bila kita stres, depresi maka yang keluar dari mulut kita adalah nafas nafas negatif yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.
Benar kata ulama ulama sufi :
Orang bisa sembuh dari penyakitnya itu bukan dari dokter, tapi dari dirinya sendiri dan datang nya penyakit itu juga dari dirinya sendiri.

JIKA ANDA SAKIT FISIK PERGILAH KE DOKTER, TAPI JIKA HATI ANDA SAKIT PERGILAH KE TEMPAT KEKASIH KEKASIH Allah SWT & MAJLIS DZIKIR….
Barakallah.. Semoga bermanfaat