Banyuwangi Makin Wangi

Penulis : Arif NAGUD Community.

Ide dan gagasan besar terkait bagaimana mengembangkan dan memajukan Banyuwangi secara tepat mampu mengangkat Kabupaten ini sebagai salah satu daerah di Jawa Timur yang menjanjikan perubahan berkelanjutan dan bahkan pada masa pandemi.Sebelum pandemi, Banyuwangi mencatat kenaikan kunjungan wisatawan dari jumlah 802,475 orang pada 2011 naik secara signifikan menjadi 5,039,132 orang pada 2018. Industri pariwisata yang menjadi fokus utama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terbukti mampu menjadi pemicu pembangunan ekonomi lokal dan membuat Banyuwangi menjadi daerah dengan pengembangan ekonomi tercepat di wilayah tapal kuda Jawa Timur.

Pada 2019, ekonomi Banyuwangi mencapai angka 5.84 persen.Tingkat okupansi hotel tinggi dan penuh pada saat hari libur nasional. Hal ini menjadi bukti bahwa Banyuwangi telah menjadi tujuan pariwisata favorit para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.berkat kebijakan pemerintahan saat itu dibawah kepemimpinan seorang Abdullah Azwar Anas yang menitik beratkan pada Potensi Pariwisata Banyuwangi yang di era sebelumnya tak tergarap optimal, Citra Banyuwangi sebagai destinasi wisata baru melejit.selain itu, Penggalian potensi pariwisata dengan menggali kembali keunikan seni dan tradisi Banyuwangi telah mengangkat citra Banyuwangi sebagai daerah yang sexy untuk dikunjungi.

Citra Banyuwangi yang dahoeloe kala lekat dengan Aroma ” Menyan ” perlahan terkikis.Banyuwangi yang dahoeloe kala diibaratkan sebagai daerah yang diinjak sebentar hanya untuk kencing kemudian pergi ke tujuan utama yaitu Pulau Dewata Bali, mulai berubah.Keindahan Alamnya, keunikan Budayanya dan keramahan penduduknya menjadi Tujuan utama para Wisatawan pada saat ini untuk berkunjung ke Banyuwangi.

Kemajuan yang telah dicapai oleh Banyuwangi di Era Abdullah Azwar Anas ternyata tak kendur kala Sang Bupati kemudian Hijrah ke Ibukota Jakarta.Kepemimpinan Sang Bupati yang kini menjadi Menteri PAN RB kemudian dilanjutkan oleh Istrinya Tercinta Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.dan dibawah kepemimpinan Ipuk, nama Banyuwangi tetap melejit.Beragam inovasi dan Program Ia gulirkan untuk tetap mengangkat citra Banyuwangi.

Yang cukup membanggakan adalah bahwa selain beragam penghargaan kepada Banyuwangi yang telah diraih, pada 2023 Sekretaris Daerah Banyuwangi H.Mujiono meraih Penghargaan sebagai Sekretaris Daerah terbaik pada ajang Digital Leadership Government Awards 2023″ yang digelar oleh Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi). Penghargaan yang diterima oleh Sekretaris Daerah Banyuwangi ini menjadi bukti bahwa capaian positif yang telah diraih oleh Banyuwangi tak terlepas dari Keharmonisan dan kesepahaman di jajaran Eksekutif untuk bersama sama memajukan daerahnya.

Mbok Ipuk – Kang Mujiono? Why Not? Hehehe….

( NAGUD Community )