SMP Negeri 2 Rogojampi Membangkitkan Spirit daging kurban untuk anak Stunting.

Bamyuwangi-menaramadinah.com, SMP Negeri 2 Rogojampi melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban sebanyak 5 ekor kambing pada hari raya Idul Adha tahun ini(20/06/2024 )

Menurut keterangan Marhenyantoro , SPd, SH, MM selaku Kepala SMPN 2 Rogojampi, menyampaikan bahwa kegiatan kurban ini merupakan salah satu bentuk implementasi pendidikan karakter dan kepedulian sosial di lingkungan sekolah. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa empati dan kebersamaan di antara siswa serta mempererat hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar,” ujar Marhen.

Daging kurban disalurkan kepada keluarga dengan anak berisiko stunting maupun anak stunting di sekitar lingkungan sekolah. Kemudian, lanjut Marhen daging kurban langsung tersalur ke anak-anak stunting sebagai makanan bergizi siap konsumsi.

Marhen menambahkan, hal tersebut merupakan model baru dalam penanganan stunting sehingga nantinya daging tersebut akan diolah menjadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak,” ungkap Marhen

Setelah prosesi penyembelihan selesai, daging qurban didistribusikan kepada siswa yatim piatu SMPN 2 Rogojampi dan warga sekitar yang berhak menerimanya. Pembagian daging qurban berlangsung tertib dan lancar dengan bantuan para guru dan siswa yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dana untuk pembelian kambing-kambing tersebut berasal dari hasil infak para murid dan guru.
yang dikumpulkan sepanjang tahun.
“Alhamdulillah, dengan usaha bersama, kami berhasil membeli 5 ekor kambing ” ujar H.M. Syaifudin Zuhri, wakasek kesiswaan .

H.Budi panggilan akrabnya menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang makna dan hikmah dari ibadah kurban. “Kami ingin siswa memahami bahwa kurban bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga bentuk kepedulian terhadap sesama. Dengan berkurban, kita belajar untuk ikhlas berbagi dan peduli terhadap mereka yang membutuhkan,” jelasnya.

Kegiatan kurban di SMP Negeri 2 Rogojampi
merupakan tradisi yang telah berjalan lama di sekolah tersebut. “Ini memang sudah berjalan dari dulu,” tambah H. Budi

Dengan berlangsungnya kegiatan ini, SMPN 2 Rogojampi berharap dapat terus menjalankan program-program yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat sekitar serta terus berperan aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan

Kegiatan kurban di SMP Negeri 2 Rogojampi
merupakan tradisi yang telah berjalan lama di sekolah tersebut. “Ini memang sudah berjalan dari dulu,” pungkas H. Budi.(Rishje)