Jam’iyyah Al Islah Jemurwonosari Mengadakan Sholat Idhul Adha 1445 H dengan Khusuk dan Khidmatt

Surabaya-menaramadinah.com-  Jam’iyyah Al-Islah yang anggotanya Warga RT. 09, RW. 03 dan RT. 01, 02, 03 RW. 09 Jemurwonosari Surabaya mengadakan Sholat Idhul Adha Senin, 17 Juni 2024 pukul 06.00 wib di jalan kampung depan rumah Kiaib Makruf Kalista.

Pada sholat Idhul Adha 1445 H/2024 tersebut berumlah jamaah sekitar 100 orang lebih. Mereka dengan khidmat dan khusuk dalam menjalankan sholat berjamaah Idhul Adha

Ditambah lagi dengan suasananya: menyenangkan, menggembirakan, dan nampak keguyuprukunan. Usai shalat Idul Adha ada musafahah (salam-salaman) dan makan bersama (dari urunan warga).

Kiai Makruf dalam pesan khudbahnya mengatakan, kita perlu mencontoh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam hal ketakwaan dan pengorbanannya. Tanpa ada pabrik dan ditujukan kepada Allah SWT.

Selain itu, lanjutnya Kiai Ma’ruf Asrori dalan khutbah berpesan :
1. Kesabaran dan kepasrahan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail kepada Allah SWT. kaitannya dengan perintah Allah SWT untuk penyembelihan Ismail.
2. Penggantian kurban dengan domba, menunjukkan bahwa manusia tidak boleh dijadikan kurban. Manusia harus menghormati manusia lainnya, bahkan hadis mengatakan: Khairunnas anfa’uhum linnas.

Husnu Mufid