Empat Teladan Nabi Ibrahim di Idul Adha

Jember, 17 Juni 2024-Keluarga besar Universitas Jember menyelenggarakan sholat Idhul Adha yang diikuti dengan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto (17/6). Pada kegiatan sholat Idul Adha, bertindak sebagai imam dan khotib adalah Ust. Dr. Masykur Abdillah, Lc., M.Th.I. Dalam khotbah Idul Adha-nya, Masykur Abdilllah mengajak semua hadirin untuk belajar meneladani kiprah Nabi Ibrahim AS yang menjadi tokoh sentral dalam peringatan Idul Adha.

Menurut dosen di FISIP Universitas Jember ini, memperingati dan menjalankan berbagai ibadah di seputar Idul Adha tidak bisa lepas dari sosok Nabi Ibrahim AS. Dari mulai rangkaian ibadah haji hingga kurban kesemuanya bersumber dari keteladanan Nabi Ibrahim. Paling tidak ada empat teladan Nabi Ibrahim AS yang bisa diamalkan oleh kaum muslimin.

“Pertama, bagaimana Nabi Ibrahim begitu menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Hal ini ditunjukkan dengan ketaatan Nabi Ibrahim menjalankan semua perintah-Nya, mulai dari hijrah membawa keluarganya ke Makkah hingga ujian menyembelih putra kesayangannya, Nabi Ismail AS. Semuanya dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim AS tanpa keraguan,” jelas Masykur Abdillah.

Kedua, sikap lemah lembut yang diperlihatkan Nabi Ibrahim kepada mereka yang berseberangan dengannya. Bahkan saat ayahanda Nabi Ibrahim AS memusuhinya, sang nabi tetap menunjukkan rasa hormat. Ketiga, sikap mau bermusyawarah seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim AS saat menerima perintah mengurbankan sang putra. Perintah ini kemudian disampaikan kepada keluarganya terlebih dahulu. Terakhir adalah Nabi Ibrahim sebagai sang pendidik yang mempersiapkan anak dan generasi penerusnya sebagai hamba Allah SWT yang taat.

“Maka sejarah mencatat Nabi Ibrahim AS dikenal menjadi bapaknya para nabi yang kemudian menurunkan para nabi, hingga akhirnya bermuara pada nabi kita, Rasulullah Muhammad SAW,” imbuh Masykur Abdillah.

Seusai pelaksanaan sholat Idhul Adha dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hewan kurban dari Universitas Jember yang diwakili oleh Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember kepada pengurus takmir Masjid Al Hikmah.

“Secara teknis penyembelihan ini, seperti yang kita pahami penyembelihan secara syar’i dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan, semoga tahun depan lebih banyak lagi sehingga bisa lebih jauh memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Ia memaparkan, Hewan kurban berupa sapi jenis Simental dengan bobot 342,5 kilogram dari peternakan yang dikelola oleh Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Jember kampus Bondowoso. Total ada tiga sapi dan sepuluh kambing yang dipercayakan kepada pengurus Takmir Masjid Al Hikmah dari keluarga besar Universitas Jember.

“Kami berharap, amanah berupa hewan kurban di Idul Adha kali ini bisa dikelola dengan baik dengan cara disalurkan kepada yang berhak. Dan semoga semangat berkurban sekaligus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT akan menyertai seluruh keluarga besar Universitas Jember,” ungkap Wakil Rektor III Fendi Setyawan yang pagi itu didampingi Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Soetriono. (iim/is).