IPTEK di Indonesia Harus Dikembangkan dengan Berbasis Pancasila

 

Jember, 14 Juni 2024-Universitas Jember menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Pancasila sebagai Pemersatu Kemajuan Pendidikan Menuju Universitas Jember yang Berkelas Dunia”. Seminar yang merupakan rangkaian acara Semarak Bulan Pancasila-UNEJ Pancasila Fest 2024 secara resmi dibuka oleh Ketua Senat Universitas Jember, Andang Subaharianto di Gedung Soedjarwo Universitas Jember (13/06/2024).

Dalam sambutan Ketua Senat Universitas Jember, Drs. Andang Subaharianto, M.Hum. mengatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah kekuasaan, siapa yang menguasai ilmu pengetahuan maka akan cenderung menguasai dunia. “Perguruan tinggi punya peran yang sangat besar dan signifikan bukan hanya melahirkan kaum intelektual para sarjana atau ilmuwan tapi juga bagaimana mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi yang berguna dan bermanfaat. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus dikembangkan oleh universitas di Indonesia harus berbasis Pancasila demi kesejahteraan rakyat Indonesia dan menuju universitas yang berkelas dunia,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Hukum selaku panitia Semarak Bulan Pancasila-UNEJ Pancasila Fest 2024 Prof. Dr. Bayu Dwi Anggono, S.H., M.H. mengemukakan, “Bagaimana mengupayakan kampus kita tercinta Universitas Jember melalui Pancasila supaya menjadi kampus terus berkembang melalui penelitian, pengajaran, dan pengabdian dimiliki oleh warganya, serta terus berbenah terlibat dalam pencaturan pengetahuan bukan hanya pada level Indonesia tapi juga global yang kita sebut dengan berkelas dunia.”

Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut, Prof. Dr. Bayu Dwi Anggono, S.H., M.H. mengajak para mahasiswa untuk mendalami aktualisasi Pancasila dengan menghadirkan pakar ahli yaitu Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (2020-2022) yang sekaligus menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Malang. Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. dan Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Dr. Lukman.

Sesuai dengan tema yang diambil dalam seminar ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H. menyampaikan pencapaian UNEJ menuju Word Class University (WCU) Tahun 2022 yaitu memperoleh Silver Rate Asia Sustainability Reporting Rating, kemudian tahun 2023 UNEJ menjadi 2nd Rank Nasional Asset Manager, Peringkat 13 THE AUR di Indonesia, dan pada tahun 2024 UNEJ masuk kedalam ranking dunia meskipun masi pada kisaran angka yang besar.

“Itulah beberapa pencapaian UNEJ untuk menuju Kemajuan Pendidikan Menuju Universitas Jember yang Berkelas Dunia.” pungkasnya. (nil)