Ormas Gapura Nusantara Jaya Berkomitmen Jaga Kebhinekaan dan Budaya Kearifan Lokal Nusantara

 

Subang. 12/6/2024-Organisasi Masyarakat Gapura Nusantara Jaya disingkat GNJ segera terbentuk. Organisasi ini berdiri atas dasar komitmen untuk terus menjaga Kebhinekaan dan melestarikan budaya Kearifan luhur Nusantara.

Ketua Umum DPP dan penggagas Ormas GNJ,
RM. Ngabehi Nurngaenihadi diwawancarai media di Markas sementara DPP Jln. Joko Sangkip 15 Kebumen Jawa Tengah mengatakan,
“Kami akan segera menuntaskan proses legalitas badan hukum dan AHU di Kemenkumham dan sedang mengorganisir dalam membentuk kepengurusan dari DPP di tingkat pusat, DPD dan DPC di tingkat Kabupaten/kota se-Indonesia. Rencananya setelah pelantikan Presiden/Wapres terpilih akan segera kami deklarasikan secara nasional. ”

Ormas GNJ memiliki visi untuk meningkatkan peran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan adat, seni, budaya serta bahasa daerah demi Kebangkitan Nusantara sebagai identitas NKRI dalam menuju kesejahteraan yang berbudaya dan berkebhinekaan. ” , lanjutnya.

Sementara itu misinya adalah menjadikan GNJ sebagai gerbang Nusantara berjaya. Juga sebagai wadah pejuang kebangkitan jati diri Nusantara dalam Kesatuan NKRI.
Di samping itu juga bersinergi dengan berbagai pihak baik Pemerintah, pemangku Adat budaya, Kerajaan / Kesultanan, pegiat seni tradisional dan lembaga Independen serta pejuang budaya dan sejarah. Tidak lupa bersama berbagai pihak mengupayakan berdirinya lembaga pendidikan kejuruan khusus seni budaya lokal dalam setiap Kabupaten / Kota sesuai Perundang- undangan yang berlaku. Juga menyelenggarakan kegiatan pentas budaya lokal demi memotivasi generasi muda Nusantara yang maju dan bermartabat luhur. “, pungkas RM. Ngabehi Nurngaenihadi

Sedangkan menurut Ketua DPD GNJ Jawa Barat, Ki Ronggo Galuh yang bermarkas di Desa Compreng Kab. Subang, mengatakan bahwa kepengurusannya telah terbentuk dan telah memiliki hampir seratus anggota dan pengurus militan yang siap mendeklarasikan Ormas Gapura Nusantara Jaya. Mereka adalah para pelaku budaya, kesenian, Perguruan silat budaya, padepokan seni budaya dan para pegiat budaya lainnya. Saya sendiri adalah ketua Yayasan Seni Budaya Maliwis Bodas Tandang dan Ketua Padepokan Singa Barang Kab. Subang. Di samping itu sebagai pelestari terapi pengobatan budaya tradisional. Insya Alloh Ormas ini sangat positif untuk mempersatukan bangsa.

Adapun Ki Bagus H. Sujaya selaku anggota Dewan Penasihat DPP Gapura Nusantara Jaya mengingatkan agar Ormas GNJ harus tetap independen dan bisa terus berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun bangsa dan negara yang berbudaya, maju dan berkeadilan serta memegang teguh kebhinekaan.

(Sujaya)