Komunitas Sepeda IPSS Silaturahmi, Persiapkan Gowes Tapal Kuda se- Jawa Timur

Sidoarjo-MenaraMadinah.com- Komunitas Ikatan Pecinta Sepeda Sidoarjo yang disingkat IPSS secara resmi terdaftar oleh organisasi yang menaungi olahraga rekreasi Masyarakat seperti Formi bersama Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Sidoarjo dalam membantu dan memfasilitasi kegiatan dari komunitas IPSS dengan jumlah anggota resmi lebih dari 800 orang.

Komunitas IPSS aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Selain aspek kebersamaan, komunitas sepeda IPSS juga memperlihatkan kepedulian sosial dan budaya. Melalui kampanye donasi dan kegiatan bakti sosial, mereka berhasil mengumpulkan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama untuk masyarakat Sidoarjo. Hal ini menjadi bukti bahwa komunitas sepeda dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.

“Tujuan dari adanya komunitas ini ibarat sekali gowes dua kebaikan kita dapatkan, kebersamaan dan kesehatan” ujar Karnowo Ketua Komunitas IPSS.

Komunitas ini memiliki basecamp di dekat Alun-alun Sidoarjo Jl. Ahmad Yani (depan Bank Bukopin Sidoarjo) secara rutin berkumpul setiap hari Sabtu Pagi. Komunitas IPSS berdiri sejak tahun 2009 hingga saat ini berhasil mempertahankan eksistensinya dengan memberikan berbagai event program yang menarik untuk warga Sidoarjo.

“Kami menyiapkan 3 program jangka pendek, menengan dan panjang untuk semua umur dan jenis kelamin bisa bergabung menjadi anggota kami. Setiap hari sabtu kami berkumpul dan biasanya hari minggu kami gowes dari desa ke desa untuk bakti sosial” tambah Hari selaku Humas dari IPSS.

Komunitas sepeda seperti ini diharapkan akan bertambah besar di Sidoarjo membantu pemerintah membawa berbagai harapan positif, baik bagi individu anggota komunitas maupun masyarakat umum.

Penulis : Rafidah Nur S