Tingkatkan Kompetensi Mengajar Guru SMPN 2 Rogojampi Ikuti In House Training e-Learning.

Banyuwangi-menaramadinah.com, Guru-guru SMP Negeri 2 Rogojampi mengikuti In House Training (IHT) Peningkatan Kompetensi Guru dalam memanfaatkan e-Learning. Bertempat di Hotel Luminor Kec. Kalipuro Banyuwangu diikuti oleh 40 guru.

Alhamdulillah, pada Minggu 7 Januari 2024 seluruh guru mengikuti rangkaian kegiatan In House Training. Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari ini dibuka oleh Marhenyantoro, S.Pd, SH, MM. Melaui Kegiatan IHT ini Marhen berharap para guru dapat menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang akan membuat kegiatan di kelas menjadi lebih menarik, mudah dipahami dan bermakna, terlebih untuk menerapkan PMM berbasis e-Kinerja pada Implementasi Kurikulum Merdeka Mengajar. Kepala Sekolah menyampaikan pentingnya E-Kinerja dan E-Rapor pembelajaran ini dalam rangka mendukung rapor pendidikan berbasis IT dan merdeka mengajar.

“Sebagai sekolah yang mempunyai visi unggul dan berkarakter , kita harus bisa menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi ini.” dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diawali pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya , dilanjutkan dengan materi inti penyusunan modul ajar berbasis E-Kinerja dan E-Rapor yang
disampaikan oleh Ristya Wardhani dan Hj. Awanda Eka Safitri, M.Pd .

Setelah pemaparan beberapa materi mengenai konsep e-kinerja dan e-rapor berbasis teknologi, materi inti dari IHT ini adalah penyusunan SKP dan E-Rapor . Selama sehari peserta IHT mengeksplorasi fitur-fitur E- Rapor dikaitkan dengan esensi rapor pendidikan berbasis merdeka mengajar.

Kegiatan ini, memberikan gambaran sekaligus memberikan arahan kepada peserta In House Training untuk mengerti aplikasi e-Kinerja dan e-Rapor SMPN 2 Rogojampi ke dalam aplikasi sebagai guru mapel dan wali kelas.

Ristya juga menjelaskan bagaimana cara membuat e-Rapor menggunakan aplikasi berbasis IT dan merdeka mengajar.

Ristya juga menyinggung SMPN 2 Rogojampi sebagai suatu sistem yang saling berhubungan antar Outcome Sekolah yang baik akan mampu memberikan akses pada rapor pendidikan sebagai adaptasi kurikulum sangatlah diperlukan e-kinerja.(Rishje*)