Upaya Meningkatkan Kompetensi Pemrograman PLC dan Aplikasinya Bagi Siswa SMK Negeri 1 Tuban

 

Oleh :

Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T.
Dr. Tri Rijanto, M.Pd., M.T.
Dr. Rina Harimurti, S,Pd., M.T
Yulia Fransisca, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan PKM UNESA  ini dikoordinasikan melalui jurusan, sehingga pelaksanaannya bersama-sama dengan tim lainnya.

Pelaksanaan PKM telah dilakukan pada tanggal 26 September 2023 mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00. Workshop tentang Pemrograman PLC dan Aplikasinya bagi Siswa SMK Negeri 1 Tuban, secara umum pelaksanaan program berjalan baik. Dalam wokshop ini terdapat faktor-faktor yang menunjang kegiatan maupun faktor yang menghambat.

Hal ini perlu dikemukakan sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan bagi pelaksana kegiatan pelatihan dalam rangka pengabdian pada masyarakat.

Adapun faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan workshop adalah sebagai berikut.

1. Kegiatan PKM ini mendapat sambutan positif dari peserta. Tempatnya sangat mendukung untuk pelaksanaan kegiatan. Workshop dilakukan di laboratorium dengan peserta berjumlah 20 siswa.

2. Keterlibatan peserta sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan workshop. Hal ini dapat dilihat dari presensi peserta dalam mengikuti kegiatan mulai dari awal sampai berakhirnya kegiatan ini. Dapat dikatakan bahwa minat untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi.

3. Umpan balik yang diberikan kepada peserta memberikan penilaian yang sangat baik pada kegiatan ini, sehinga dirasakan sangat perlu untuk ditindak lanjuti pada kegiatan yang mencakup jangkauan yang lebih luas seperti yang dikehendaki oleh peserta pelatihan.

Adapun faktor yang menjadi hambatan kegiatan pelatihan ini adalah waktu yang tersedia dari peserta sangat terbatas, peserta kegiatan hanya bisa dilakukan dengan jumlah maksimal 20 dengan pertimbangan menyesuaikan kapasitas laboratorium.

Berikut ini hasil angket dari peserta tentang pelaksanaan kegiatan.

1. 100% peserta mengatakan bahwa kegiatan Pemrograman PLC dan Aplikasinya yang dilaksanakan bermanfaat.

2. 100% peserta mengatakan bahwa materi Pemrograman PLC dan Aplikasinya yang telah dikenalkan mudah dipahami.

3. 100% peserta mengatakan bahwa fasilitas dan prasarana telah ada maka penggunaannya mudah diaksanakan.

4. 70% peserta mengatakan bahwa waktu yang digunakan dalam pelatihan Pemrograman PLC dan Aplikasinya adalah cukup dan 30% mengatakan bahwa waktu yang digunakan dalam pelatihan Pemrograman PLC dan Aplikasinya perlu ditambah.

5. 100% peserta mengatakan bahwa manfaat pelatihan Pemrograman PLC dan Aplikasinya menambah wawasan.

6. 70% peserta mengatakan bahwa jenis-jenis materi pelatihan yang dikenalkan adalah cukup dan 30% mengatakan bahwa jenis-jenis materi pelatihan yang dikenalkan perlu ditambah

 

 

Husnu Mufid