Perwakilan PRAMUKA SMPN 3 Sindang Gabungan SMPN Perwakilan Kwarran Sindang Raih Dianpinru Terbaik Tingkat Kwarcab Kab. Indramayu Tahun 2023/2024

 

Indramayu. 20/11/2023-Pramuka Kwartir Cabang Indramayu baru saja melaksanakan kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) se- Kabupaten Indramayu yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 November di Lapangan GOR Singalodra Indramayu.yang dibuka oleh Bupati Indramayu .

Dalam kegiatan tersebut Perwakilan PRAMUKA SMPN 3 Sindang Gudep 03.057 dan 03.058 mengirimkan 2 orang Pimpinan Regu, yaitu Fa’ang dan Rizka dalam kegiatan Pelatihan Pimpinan Regu (Dianpinru) se- Kabupaten Indramayu.

Dalam kegiatan tersebut Pramuka SMPN Perwakilan Pimpinan Regu PRAMUKA SMPN 3 Sindang tergabung dalam regu Pramuka Kwaran Sindang yang terdiri dari gabungan SMPN 1,2,3,4 dan SMPN Unggulan Sindang telah berhasil meraih Dianpinru putra putri terbaik dalam Kegiatan Dianpinru Tingkat Kwarcab lndramayu Tahun 2023/2024, SMPN 3 Sindang masing-masing atas nama Fa’ang meraih juara 3 Dianpinru putra dan Rizka meraih juara 1 Dianpinru putri perwakilan Kwartir Ranting Kecamatan Sindang Indramayu.

“ Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) adalah kegiatan Pramuka Penggalang untuk melatih dan mendidik pimpinan Regu. Dengan mengikuti Dianpinru diharapkan anggota penggalang memiliki bekal materi kepramukaan yang lebih dan dapat memberikan contoh yang baik sehingga kelak menjadi pemimpin bijaksana.”, Ungkap Wahyu Afriansyah, S.Pd.selaku Pembina Pramuka putra SMPN 3 Sindang Indramayu.

Adapun Kunarti, SP Pembina Pramuka putri SMPN 3 Sindang kepada media mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan di setiap Gudep satuan penggalang dibina oleh 3 orang pembina dan dibantu dewan penggalang yang terdiri dari siswa kelas VIII yang terpilih. Guna membekali Dewan Penggalang dan Pimpinan Regu serta Wakil Pimpinan Regu agar pelaksanaan latihan Pramuka lebih efektif maka perlu diadakan Gladian Pimpinan Regu dan Dewan Penggalang (Dianpinru). Sehmgga mereka mempunyai bekal materi kepramukaan yang lebih baik dan dalam kegiatan pramuka lebih semangat karena termotivasi oleh kakak-kakaknya dari Dewan Penggalang.

Salah seorang Pembina lain Ayu Indrawati, S.Pd mengatakan, “ Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Melalui pendidikan kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni. “

“ Sebagai satu-satunya kegiataan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap yang baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran dan perbuatan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan segala sikap yang lain. Sehingga diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.” Pungkas Ayu Indrawati.

Sementara itu Kepala SMPN 3 Sindang Indramayu, Tariwan, S.Pd MM dalam penyerahan pengharhaan yang diberikan para waktu usai pelaksanaan upacara Senin pagi mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga dengan terus diraihnya berbagai penghargaan bergengsi yang ditorehkan oleh anggota Pramuka SMPN 3 Sindang. Semoga Penghargaan ini akan terus memicu dan memacu prestasi bagi anggota yang lainnya.

Kontributor : Sujaya