MAHASISWA PPG UNUSA ANGKATAN 3 LUAR PULAU MEMPEROLEH APRESIASI LUAR BIASA ATAS DEDIKASI MEREKA DALAM PENDIDIKAN

Bapak Zakariyah, seorang pendidik yang berpengalaman dan visioner, menghadirkan inspirasi yang memukau di hadapan para guru PPG angkatan 3. Dengan karisma dan kearifannya, beliau membawa pesan yang mendalam tentang urgensi guru untuk terus belajar dan menguasai teknologi dalam era pendidikan modern.

“Dunia sedang berubah dengan cepat, dan pendidikan tidak boleh tertinggal,” ujar Bapak Zakariyah dengan penuh keyakinan. Beliau menekankan bahwa peran guru tidak hanya sebagai pembimbing, tetapi juga sebagai pemimpin dalam memanfaatkan teknologi untuk membentuk generasi penerus yang siap menghadapi tantangan zaman.

Sebuah cerita inspiratif datang dari Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Angkatan 3 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Meskipun jauh dari rumah dan terpisah oleh pulau-pulau yang luas, semangat mereka untuk belajar dan berkembang dalam dunia pendidikan tak terbendung.

Para mahasiswa ini, yang mengikuti program PPG yang mempersiapkan mereka menjadi guru profesional, telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam mengejar ilmu, meskipun harus berada di luar pulau asal mereka.

Dalam lingkungan yang baru, mereka bukan hanya menghadapi tantangan akademis, tetapi juga adaptasi dengan budaya dan lingkungan yang berbeda.

Namun, semangat juang mereka seakan menjadi cahaya pendorong. Dengan tekad yang kuat dan kerja keras, mereka tidak hanya berhasil menyelesaikan kurikulum dengan sukses, tetapi juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, komunitas, dan proyek pengajaran di tempat-tempat terpencil yang membutuhkan bantuan.

Ketua Program Pendidikan Profesi Guru UNUSA Dr. Nafiah, S.Pd.I., M.Pd menyatakan kekagumannya terhadap semangat dan komitmen yang ditunjukkan oleh mahasiswa PPG Angkatan 3 Luar Pulau. “Mereka adalah teladan nyata bagaimana keinginan untuk belajar dan berbagi pengetahuan dapat mengatasi segala rintangan,” ungkapnya.

Apresiasi dan pengakuan tidak hanya datang dari internal kampus, tetapi juga dari berbagai pihak yang terkait dengan dunia pendidikan. Banyak lembaga dan komunitas lokal di pulau tempat mereka berada memberikan penghargaan atas kontribusi positif yang mereka berikan.
Para mahasiswa PPG UNUSA Angkatan 3 Luar Pulau ini tidak hanya menjadi contoh gemilang dari semangat belajar, tetapi juga membawa harapan bagi pendidikan di daerah-daerah terpencil.

Mereka adalah bukti nyata bahwa ketika ada tekad dan semangat yang kuat, tak ada yang tak mungkin dicapai, bahkan dari luar pulau sekalipun.( Sunanto dosen ppg unusa)