PMI KAB. BANYUWANGI KEMBALI GELAR PELATIHAN RETROFITTING¹ (PENGUATAN RUMAH AMAN GEMPA) DI KECAMATAN TEGALDLIMO.

Banyuwangi-menaramadinah.com, Pelaksanaan: 14 – 16 November 2023,
Bertempat, Aula Desa Kalipait Kecamatan Tegaldlimo.

 

 

Peserta: 30 orang dari berbagai unsur di masyarakat yaitu Unsur Tukang, kuli bangunan, tokoh masyarakat, BPD, LPMD, PKK, Kader, Karang Taruna dan Sibat dari Desa Kedungasri dan Kalipait.

Kegiatan :
Pembukaan Pelatihan :
1. Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Mars PMI

2. Sambutan2 :
a. Mujiono, S.AP. Camat Tegaldlimo Beliau berharap semoga kegiatan hari ini berjalan lancar dengan hasil yang luar biasa. Karena pemodelan rumah aman gempa ini sangat menguatkan rumah saat terjadi gempa walau sebenarnya kita tidak pernah berharap akan terjadi gempa.
b. Dr. H. Nurhadi, MM. selaku Pengurus PMI Kab. Banyuwangi
Dalam sambutannya menjelaskan bahwa akan ada pembuatan pemodelan rumah retrofitting setelah pelaksanaan pelatihan sebanyak 2 unit. Beliau berharap ilmu dalam kegiatan ini di getok tularkan pada masyarakat, Rumah pemodelan akan dilaksakan di 2 tempat yaitu di Desa Kedungasri dan Desa Kalipait. PMI bergerak pro aktif, selain donor darah PMI akan membantu meringankan beban masyarakat, seperti beberapa kegiatan bakti social yang sudah dilaksanakan PMI Kabupaten Banyuwangi yaitu Pemeriksaan mata, Operasi Katarak gratis, penggantian bola mata gratis, Pemasangan kaki dan tangan palsu gratis. Selain itu kegiatan pelatihan retrofititing ini sebagai bentuk keberlanjutan dukungan program yang berawal dari penunjukan Palang Merah Amerika pada PMI Kab. Banyuwangi dan PMI Sukabumi sebagai Pilot Project Kesiapsiagaan Gempa Bumi di Indonesia.

Dilanjutkan pemberian materi Retrofitting oleh Fasilitator pelatihan sebanyak 4 org dari PMI dan 1 org dari PUCKPP (alumni Pelatihan Fasilitaror (Retrofitting) dan diakhiri dengan Kunjungan ke rumah yang akan di Retrofitting.(Rishje*)