*IKPMSU Semarang Gelar Diskusi, Santunan dan Deklarasi mendukung Firman Nasution for PB HMI Satu.*

 

Semarang-Puluhan pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Sumatera Utara (IKPMSU) Kota Semarang menggelar diskusi yang bertajuk ” Peran Mahasiswa Rantau dalam Aktivitas Akademik dan Sosial Masyarakat”.

Kegiatan yang dilaksanakan di kampus UIN Walisongo Kota Semarang, Rabu (8/11/2023) itu diikuti oleh puluhan Mahasiswa yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

Acara dibuka dengan pemaparan materi oleh Drs.Budi Alwie Nasution, M.Psi yang juga merupakan akademisi di Kota Semarang. Ia menyampaikan bahwa sebagai seorang mahasiswa dan pelajar asal Sumatera Utara di tanah perantauan, maka harus terus semangat dan konsisten dengan tujuan awalnya yaitu menuntut ilmu. Sembari menuntut ilmu juga harus terus menjaga silaturahmi antar sesama karena dengan silaturahmi akan melahirkan komunikasi yang baik sehingga simpati dan empati akan terpatri pada individu masing-masing, ucapnya.

Materi kedua disampaikan oleh Ilham Rosyid Hasibuan yang juga sebagai Ketua umum Himpunan Mahasiswa Cabang Semarang. Ia mengajak mahasiswa Sumatera Utara untuk mau berperan aktif dan mengambil peran dalam isu-isu sosial kemasyarakatan. Karena salah satu peran dari pelajar dan mahasiswa ialah agent of change dan sosial control, ucapnya.

Dalam acara itu juga diadakan santunan terhadap anak yatim mahasiswa Sumatera Utara yg juga sedang menempuh pendidikan dikota Semarang.

Ketua Koorda IKPMSU Kota Semarang Paisal Saniy Nasution berharap IKPMSU ini kedepannya tetap solid dan menjaga silaturahmi yang baik. Mengingat anggotanya ialah mahasiswa perantauan maka IKPMSU Kota Semarang diharapkan mampu menjadi rumah kedua bagi anggotanya.

Acara ini ditutup dengan sikap dukungan yang dilakukan oleh IKPMSU Semarang terhadap salah satu putra terbaik Sumatera Utara, Firman Nasution yang juga merupakan ketua Umum HMI Badko Jabar untuk maju dalam kontestasi kongres PB HMI yang akan diadakan di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

IKPMSU Semarang menganggap bahwa Firman Nasution layak untuk menahkodai organisasi kemahasiswaan tersebut guna menjawab tantangan zaman yang semakin dinamis. Yuris